Rem ABS Bunyi Tanda Sistem Rem ABS Tidak Normal

Otomotifmobil.com – Artikel rem abs, masalah atau kendala pada rem abs mobil yang bunyi saat menginjak pedal rem pada kecepatan rendah dibawah 5 km/jam yang disertai getaran pada pedal rem dan terasa di kaki. Apakah ini normal atau tidak?

Tentu saja rem abs mobil yang bunyi saat mengerem pada kecepatan rendah bukanlah hal yang wajar dan itu salah satu tanda atau ciri kalau sistem rem abs sedang mengalami gangguan atau rem abs sedang tidak normal.Gambar letak sensor rem abs pada roda
Saya contohkan beberapa waktu lalu saya mengerjakan keluhan rem ABS bunyi saat injak pedal rem pada speed kendaraan di bawah 5 km/jam dan terasa pedal rem bergetar saat diinjak dan bunyi tersebut berasal dari motor pada ABS modulator yang bekerja bukan pada saat dibutuhkan.

Rem abs bunyi saat injak pedal rem ini tidak terdapat trouble code yang tersimpan pada ecu, sehingga sistem rem abs terlihat bekerja dengan normal dan lampu peringatan ABS tidak menyala.

Tetapi ketika di lakukan test jalan untuk melihat kerja speed sensor di setiap roda pada mobil toyota kijang innova V 2005 ini terlihat sesuatu yang tidak normal yaitu pada sensor kecepatan roda depan kanan terlihat sesuatu yang berbeda dari ketiga sensor kecepatan roda yang lain yaitu sensor kecepatan roda depan kiri, belakang kanan dan belakang kiri.

Pada saat kendaraan sudah bergerak dengan kecepatan kira-kira 4 km/jam, pada sensor roda depan kanan masih terbaca 0 km/jam, berbeda dengan sensor kecepatan roda-roda yang lain.
Tetapi setelah kecepatan roda naik diatas 5km/jam, sensor kecepatan roda kanan depan mulai bergerak dan menunjukan angka kecepatan yang sama dengan roda yang lain.

Silakan lihat video saat pemeriksaan sensor kecepatan pada setiap roda menggunakan alat scanner di https://www.youtube.com/watch?v=Z_NbboqTgWY

Ini adalah inti masalahnya rem ABS tersebut bunyi dan tidak normal tersebut, yaitu sebagai akibat pada salah satu sensor roda tidak bekerja dengan baik pada kecepatan rendah.speed sensor ABS
Cara mengatasi problem rem abs dengan masalah abs seperti ini adalah dengan memperbaiki kerja sensor pada roda yang bermasalah dari kemungkinan kotor, berkarat, posisi sensor kurang dalam atau mengganti rotor speed sensor (gear) yang kemungkinan rusak atau permukaan rotor tidak rata saat berdekatan dengan speed sensor.Rotor Speed Sensor ABS
Setelah sistem kerja sensor abs diperbaiki dan speed roda normal atau menunjukan kecepatan sama pada ke-empat roda mobil, rem abs pun normal kembali tidak terdapat lagi suara atau bunyi dari motor ABS yang terdapat pada ABS Modulator saat ngerem pelan.

Semoga berguna.

You might also like

error: