Penyebab Air Radiator Masuk Ke Mesin

Otomotifmobil.com – Mengetahui apa penyebab air radiator masuk ke mesin mobil atau ke ruang bakar mesin atau ke silinder mesin. Tanda air radiator bocor ke ruang pembakaran mesin bisa dideteksi dari awal yaitu air radiator muncrat saat distarter atau saat mesin digas dengan kondisi tutup radiator terbuka.

Dampak dan gejala air radiator masuk ke silinder mesin atau ke ruang bakar

gambar silinder head kijang innova bensin
Gambar tampak bekas air radiator yang masuk ke mesin melewati celah-celah pada gasket cylinder head

1. Air radiator akan selalu kurang tetapi tidak terlihat air radiator bocor dari luar atau tidak terlihat air menetes dari daerah sekitar mesin, biasanya setiap mobil jalan beberapa puluh kilometer air radiator akan selalu kurang.

2. Mesin mbrebet pada kondisi tertentu misal saat kecepatan tinggi, atau sebaliknya mesin mrebet pada putaran rendah, ini biasanya tergantung tingkat kebocoran air radiator didalam mesin yang masuk ke ruang pembakaran.

3. Lampu check engine menyala, lampu check engine menyala bisa terjadi saat mobil melaju pada kecepatan tinggi, air radiator yang masuk ke ruang bakar menyebabkan pembakaran mesin terganggu dan mesin bergetar keras secara tiba-tiba serta kehilangan tenaga.

Contoh pada kijang Innova, akibat getaran keras terjadi di dalam silinder mesin karena air radiator masuk ke ruang bakar menyebabkan “random/multiple cylinder misfire detected” terbaca oleh ECU atau DTC P0300 dan Ecu menyalakan indikator check engine.

Penyebab air radiator masuk ke ruang pembakaran mesin adalah karena gasket silinder head rusak atau pack kop mesin bocor akibat silinder head melengkung atau tidak rata sebagai dampak mesin panas berlebihan.Gasket silinder head atau pack kop mesinCatatan penting: sebelum pack kop mesin sampai bocor atau silinder head tidak rata atau bengkok ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebabnya. Silakan lihat faktor penyebab air radiator kurang tiap hari.

silinder head setelah di skrap
Gambar silinder setelah di skrap akibat permukaan tidak rata atau melengkung.

Solusi untuk masalah Air radiator masuk ke ruang bakar mesin ada beberapa, yaitu:
1. Ganti gasket silinder head atau pack kop mesin.
2. Skrap atau ratakan permukaan silinder head atau ganti cylinder head bila perlu.
3. Pastikan sistem pendingin mesin normal semua, tidak ada bocor, kipas radiator normal, aliran air radiator tidak tersumbat.

Semoga berguna.

error: