Mesin Avanza Mrebet dan Kompresor Ac Tidak Bekerja

Otomotifmobil.com – Memperbaiki atau mengatasi mesin Avanza vvt-i tahun 2009 mesin mrebet saat stasioner dan kompresor ac tidak bekerja sehingga ac mobil tidak bisa dingin.

Kompresor ac mobil mau hidup atau mau bekerja saat mesin di gas di atas 1500 rpm atau rpm mesin dinaikan diatas 1500. Selain mesin mrebet, rpm mesin saat stasioner atau rpm saat idle juga tergolong tinggi berada di sekitar 1000 rpm.
Ocv pada mesin avanza vvt-i
Masalah pada mesin Avanza yang saya tangani ini disebabkan karena kekeliruan saat memperbaiki ocv patah pada soketnya pada pekerjaan orang lain sebelumnya. Kekeliruan tersebut akibat posisi lubang-lubang pada OCV yang terbalik pemasangan.
lubang saluran ocv terbalik
Scan tool mendeteksi masalah pada vvt control dengan data trouble code P1349 dengan penjelasan trobel kode vvt system ( bank 1 ) atau terjadi malfungsi pada sistem vvt. Kode error tersebut juga bisa dilihat dengan kode kedipan lampu check engine dengan kode 73. Untuk cara melihat trouble kode error secara manual silakan lihat di artikel Lampu check engine avanza menyala.
data stream malfungsi pada sistem vvt
Dari datastream terlihat perbedaan sudut pada vvt sebesar 37 derajat, sedangkan sudut yang diminta adalah Nol derajat.

Setelah posisi lubang ocv di perbaiki sebagai mana seharusnya mesin pun normal kembali.posisi lubang ocv avanza vvt-i yang betul
Pada rpm stasioner sekitar 800, tepatnya 758 rpm saat mesin idle kompresor ac bekerja dengan normal, silakan lihat datalist dibawah ini.
data list saat ocv berfungsi dengan baik
Pada kasus ini bisa diambil kesimpulan bahwa penyebab ac mobil tidak berfungsi pada Avanza vvt-i tahun 2009 ini adalah karena mesin yang tidak normal akibat malfungsi pada sistem vvt atau variable valve timing.

Semoga berguna.

error: