Lampu Check Engine Ford Ranger Menyala

Otomotifmobil.com – Lampu indikator check engine Ford ranger common rail diesel menyala saat mesin hidup.

Lampu check engine pada mobil Ford Ranger common rail diesel menggunakan tanda indikator berbentuk gambar roda gigi yang didalamnya terdapat tanda seru, lampu indikator check engine pada Ford ranger berwarna kuning.Ford Ranger Check engine light
Jika lampu indikator gambar roda gigi atau gambar gear berwarna kuning menyala atau lampu check engine ini menyala, artinya terdapat masalah pada mesin Ford tersebut. Hal ini bisa menyebabkan mesin diesel common rail ini kehilangan tenaga mesin, atau mesin kekurangan tenaga.

Cara cek penyebab lampu check engine menyala pada Ford ranger, bisa menggunakan scanner mobil. Alat scan mobil tersebut akan memberitahukan data trouble code yang menyebabkan lampu check engine menyala.Cara cek lampu check engine ford ranger
Lampu check engine akan mati sendiri saat mesin hidup jika masalah penyebab lampu check engine menyala ini di perbaiki, meskipun data trouble code masih tersimpan di komputer mobil atau ECU.

Seperti contoh ketika sensor tekanan bahan bakar mendeteksi tekanan bahan bakar yang terlalu rendah saat starter atau saat cranking, komputer atau ecm akan mengeset dtc P2291 yang artinya Injector Control Pressure Too Low – Engine Cranking.

DTC P2291 Ford Ranger pada masalah yang saya temui disebabkan oleh kebocoran kecil pada sistem bahan bakar yang terdapat antara pompa bahan bakar dan injektor.

Kebocoran kecil pada saluran bahan bakar tersebut, menyebabkan tekanan menurun setelah mesin lama dimatikan, contoh ketika mesin dinyalakan pertama kali pada pagi hari setelah semalaman mesin mati. Tetapi ketika mesin sudah hidup dan dinyalakan hingga rpm 2000, tekanan kembali normal sesuai spesifikasi.

Jika mesin sudah sempat dinyalakan hinga rpm 2000, kemudian mesin dimatikan, saat mesin dihidupkan kembali, lampu check engine tidak menyala lagi, karena tekanan pada common rail saat mesin starter sudah kembali normal.

Tulisan diatas adalah salah satu pemicu lampu check engine menyala pada Ford Ranger common rail diesel, Semoga bermanfaat.

error: