Penyebab Oli Mesin Bercampur Air Radiator Pada Mobil

Otomotifmobil.com – Mengetahui apa penyebab oli mesin bercampur air pada mobil atau kenapa oli mesin nyampur air sehingga oli mesin kelihatan berwarna keputihan seperti warna susu coklat.

Sudah barang tentu dan pada banyak kasus jika oli mesin bercampur dengan air itu adalah merupakan efek mesin overheat atau efek dari temperatur mesin naik tidak wajar tetapi mesin dipaksakan tetap jalan sampai mesin mati akibat suhu mesin terlalu panas, sehingga selinder head atau kop mesin bengkok atau pack kop (gasket cylinder head) mengalami kerusakan. Silakan baca : sebab-sebab mesin overheat.

Tips dan Cara Memperbaiki jika Oli mesin bercampur air pada mobil

Untuk perbaikan oli mesin yang sudah bercampur dengan air tergantung dari bagian mana yang mengalami kerusakan, jika hanya gasket cylinder head yang rusak hanya perlu mengganti gasket cylinder head. Silakan lihat gambar gasket cylinder head rusak.
Gamar cylinder head, cylinder block dan letak gasket cylinder head pada mesin mobil
Tetapi jika yang mengalami kerusakan adalah cylinder head seperti misalnya bengkok, masih bisa dilakukan dengan cara meratakan permukaan cylinder head itu pun terbatas pada ukuran tertentu.

Karena jika bagian silinder head yang dipangkas tersebut terlalu banyak seperti halnya mesin-mesin dengan timing chain (mesin menggunakan rantai kamrat) biasanya timbul masalah baru diantaranya kamrat bunyi atau cover timing chain akan lebih tinggi permukaan nya dengan bagian atas cylinder head.

Hal lain penyebab oli bercampur air radiator pada mobil adalah akibat temperatur tinggi mesin menyebabkan cylinder head retak sehingga terjadi kebocoran antara saluran air radiator dengan saluran oli dan hal ini perlu mengganti cylinder baik yang baru maupun cylinder head ex singapore yang bisa dijadikan alternatif.

Untuk cara mencegah agar tidak sampai oli mesin bercampur dengan air radiator adalah selalu perhatikan indikator temperatur mesin saat kita sedang membawa mobil yang terdapat dipanel spido.

Semoga berguna.

error: