Mesin Kia Picanto Tidak Bisa Hidup Akibat DTC P0335

Otomotifmobil.com – Mengetahui penyebab mesin mobil kia picanto tidak bisa hidup yang disebabkan oleh kerusakan crankshaft posisi sensor dengan data trouble code P0335 yaitu Crankshaft Posistion Sensor A Circuit.
kode trouble p0335 kia picanto
Apa itu CKP? Crankshaft position sensor atau CKP yang dalam bahasa Indonesia nya adalah Sensor Posisi Kruk as atau sensor posisi poros engkol mesin. Masalah kerusakan pada CKP ini menyebabkan injektor tidak bekerja dan api tidak keluar dari busi sebagai akibat koil tidak berfungsi. Silakan lihat Kegunaan CKP atau Crankshaft Position Sensor.Crankshaft position Sensor Kia Picanto

Crankshaft Position Sensor pada mobil KIA Picanto menggunakan 3 kabel, yang masing-masing kabel berwarna merah, hitam dan biru.fungsi warna kabel ckp sensor atau sensor kruk as

Fungsi Kabel Pada CKP mobil Kia Picanto
Kabel Merah untuk voltage Posistif 12 volt saat On Kunci kontak.
Kabel Warna Hitam untuk massa atau negatif.
Kabel warna biru adalah untuk sinyal, yang mencari negatif atau tepatnya menjadi negatif saat sensor berdekatan dengan gear posisi poros engkol, pada kondisi sensor tidak bergesekan dengan logam nilai tegangan berada di 8 volt dan berubah turun dibawah 8 volt ketika sensor bergesekan atau berdekatan dengan logam.

Cara cek Sensor Posisi Crankshaft Kia Picanto
Untuk mengecek kerja CKP sensor bisa dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah
1. Saat mesin diputar dengan starter, periksa tegangan sinyal pada kabel biru dari ckp pada soket disamping intake manifold dan saat poros engkol berputar oleh starter pada kabel biru harus terdapat tegangan yang berubah-ubah saat diukur dengan negatif(kabel hitam).
Letak soket ckp kia picanto2. Lepas Ckp sensor dari dudukannya di samping poros engkol dan pasang soket ckp sensor, On kan kunci kontak dan geser-geser logam pada permukaan sensor, jika sensor bekerja baik akan terlihat tegangan berubah-ubah pada kabel biru muda dan akan terdengar suara injektor yang bekerja serta api akan keluar dari busi.

Kekurangan cara cek seperti ini adalah harus membongkar ckp sensor yang tertutup di dalam cover timing belt.

Kelebihannya adalah kita bisa mendengarkan injektor bekerja saat sensor ckp bergesekan dengan logam karena kita tidak perlu stater mesin dengan bunyinya yang cukup keras, disamping itu pembacaan nilai tegangan sinyal dari ckp lebih terlihat jelas naik dan turun tegangannya karena tegangan aki tidak terbagi ke dinamo starter untuk memutar mesin.

Ciri-Ciri CKP Rusak Pada Kia Picanto
Jika tidak terdapat tegangan berubah-ubah pada kabel biru saat poros engkol berputar atau saat permukaan sensor digesek-gesek dengan logam berarti ckp sensor rusak. Atau jika tegangan pada kabel biru dari ckp diam diangka 8 volt saat poros engkol berputar atau saat permukaan sensor ckp bergesekan dengan logam artinya ckp sensor bermasalah atau rusak.

Semoga berguna bagaimana cara cek kerusakan ckp sensor pada kia picanto baik menggunakan alat scan maupun pemeriksaan secara manual diatas.

error: