Memperbaiki Kijang Innova Tidak Mau Hidup

Otomotifmobil.com – Memperbaiki mesin kijang innova tidak mau hidup dan mencari apa penyebab mesin mobil kijang innova tidak mau hidup.

Beberapa hari yang lalu saya memperbaiki mobil kijang innova tidak mau hidup dengan penyebab tidak jelas karena mesin mati mendadak saat jalan.

Setelah dilakukan pemeriksaan penyebabnya adalah bensin tidak naik dan api tidak keluar dari busi, lihat cara memeriksa api pada busi mobil efi dengan sistem direct ignition.

Tegangan 12 volt pada koil kijang innova bensin
Kabel Merah Pada Tanda Panah Merah Satu Jalur dengan Kabel Merah Pada Koil

Pada saat dicek tegangan yang ada disoket Koil, tidak terdapat tegangan 12 volt pada kabel merah saat kunci kontak On.

Setelah melihat EWD atau Electrical Wiring Diagram diketahui asal tegangan 12 volt pada salah satu kabel Koil berasal dari sekring INJ dan penyebabnya adalah sekring INJ putus. Putusnya sekring INJ sekaligus membuat pompa bensin kijang innova tidak bekerja memompa bensin ke injektor.

Letak Sekring INJ pada kijang Innova
Sekring INJ memakai sekring 15 Amper, ganti dengan ukuran yang sama

Penyebab mesin kijang innova tidak mau hidup pada kasus ini adalah karena sekring INJ putus sehingga api busi hilang dan fuel pump tidak bekerja.

Setelah sekring diganti pompa bensin bekerja normal dan api pun keluar dari busi dan mesin innova tahun 2005 ini pun normal kembali.

Dan apa penyebab utama sehingga mesin tidak mau hidup karena sekring INJ putus ini adalah karena kabel untuk capasitor noise filter ignition yang terletak di silinder head terbuka(kabel berwarna merah pada tanda panah merah pada gambar pertama diatas), capasitor noise filter sudah tidak terpasang dan kabel warna merah tersebut sepertinya ketika mesin jalan bersentuhan dengan logam blok mesin sehingga menyebabkan sekring INJ putus.

Hal yang sama yaitu mesin kijang innova tidak mau hidup juga saya temui, tetapi kali ini setelah mengganti aki baru.

“Mas tolong bisa ke tempat saya, ini kijang innova di rent car tidak bisa hidup setelah ganti aki baru”, begitu suara telpon dari seberang.

Dalam hati saya sudah bisa menebak apa yang terjadi pasti aki sudah sempat terbalik saat pasang tadi.

Setelah di periksa memang benar, beberapa sekring putus, termasuk sekring INJ, sekring ECU dan beberapa sekring lainnya.

Setelah sekring INJ diganti kijang innova tersebut bisa hidup kembali, tetapi masih menyisakan masalah lain dan untungnya tidak sampai terjadi kerusakan pada ECU seperti pada kasus yang pernah saya tulis sebelumnya di artikel dampak salah pasang terminal aki pada kijang innova.

Masalah tersebut adalah power window tidak berfungsi, lampu rem mati, lampu abs nyala terus, dan setelah diperiksa hampir semua sekring di bawah setir tidak ada setrum saat ON kunci kontak.

Setelah diperiksa lagi penyebab utama adalah fusible link pada kotak sekring diruang mesin ada yang putus salah satu yaitu Fuse ALT, saat pasang aki terbalik kutubnya, Dioda Rectifier Pada Alternator memperpendek arus listrik dari aki sehingga sekring ALT langsung putus untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Fuse ALT Putus
Fuse ALT Putus Pada Fusible Link atau Fuse Block di ruang Mesin
Akibat fuse ALT putus pada kijang innova menyebabkan beberapa bagian kelistrikan mobil tidak berfungsi seperti Scanner tidak bisa hidup saat dicolokan ke soket OBD2,lampu Abs hidup terus, lampu rem tidak nyala, lampu kota tidak nyala, beberapa panel instrumen di spidometer tidak berfungsi, power window tidak berfungsi, ac mobil tidak mau hidup.

Setelah disambung sementara fusibelink yang putus tersebut semua kelistrikan kijang innova ini pun normal kembali. Untuk penggantian Fusible Link sudah saya tulis, silakan baca Cara Bongkar Pasang Sekring Blok Pada Kijang Innova.

Fusibe link pada fuse ALT saya sambung sementara menggunakan sepuluh urat kabel kecil dengan solder sebelum diganti dengan fusible link yang baru, karena saat itu sudah malam dan dealer sparepart belum buka tentunya.

Tambahan:
Mobil kijang innova tidak bisa hidup juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada sistem bahan bakar, filter bensin buntu atau pun pompa bensin rusak, letak pompa bensin kijang innova berada didalam tangki bahan bakar.
gambar pompa bensin kijang innova
Pada kondisi mendesak, cara mengecek pompa bensin rusak atau pompa bensin tidak bekerja pada kijang innova, bisa dilakukan dengan cara membuka slang pada filter bensin yang terletak di belakang aki, gunakan slang dan botol untuk menampung bensin setelah slang dibuka.

Kemudian starter mesin sekali dan langsung matikan kunci kontak, jika mesin distarter keluar bensin dari filter bensin artinya pompa bensin baik. Jika distarter tidak keluar bensin artinya pompa bensin bermasalah.

Semoga berguna.

error: