Memperbaiki Kijang Innova Tahun 2005 Mesin Mbrebet

Otomotifmobil.com – Mobil kijang innova bensin tahun 2005 mesin mbrebet merata terasa disemua silinder mesin dan disertai lampu indikator check engine Kijang innova menyala terus. Berikut adalah gambar lampu indikator check engine kijang innova bensin menyala saat mesin hidup.

Gambar lampu indikator check engine kijang innova bensin
Dengan alat scan mobil diketahui penyebab mesin mbrebet ini adalah DTC P0300 yaitu Random/Multiple Cylinder Misfire Detected. Setelah clear fault code tersebut atau setelah code dtc tersebut dihapus, dtc tetap terdeteksi dan lampu check engine tetap menyala saat mesin hidup. Periksa koil dan periksa pengapian pada busi secara fisik tidak terdapat masalah, karena terlihat normal.
Lihat : Bagaimana cara periksa api dibusi mobil Efi.

Setelah itu coba short TE1 dan TC melalui scan tool yang saya gunakan kemudian matikan kunci kontak dan hidupkan lagi mesin, ternyata lampu check engine juga masih menyala dan periksa kembali dtc apa saja yang muncul kemudian. Setelah itu baru ketahuan penyebab sebenarnya dari DTC P0300 atau Random/Multiple Cylinder Misfire Detected ini dipicu oleh DTC yang lain yaitu P0328 yaitu Masalah pada knock sensor atau Knock sensor 1 Circuit High Input (Bank 1 or Single Sensor).
Gambar dtc p0300 dan p0328 kijang innova
Setelah diperiksa knock sensor ternyata kabel knock sensor putus salah satu atau terbuka dari soket knock sensor. Knock sensor pada kijang innova terletak di bawah intake camber atau intake manifold, silakan lihat gambar dibawah ini.
Lihat : Kegunaan Knock Sensor Pada Mesin Mobil.

Letak knock sensor kijang innova bensin
Gambar letak atau posisi knock sensor dan sensor temperatur mesin pada kijang innova bensin.

Untuk memperbaiki kabel knock sensor putus tersebut harus terlebih dahulu dengan membuka intake camber karena posisi knock sensor pada mesin 1TR-FE kijang innova bensin agak sulit dijangkau dengan tangan.

Setelah intake camber berhasil dibuka terlihat jelas terdapat kabel knock sensor putus dan perkiraan penyebab putusnya adalah sehabis ganti slang baypass bocor yang menyebabkan mesin overheating dan kehabisan air radiator atau temperatur mesin naik, bisa jadi saat penggantian slang baypass kabel pada soket knock sensor tertarik sehingga terlepas dari skun pada soket.

Lihat : Penyebab air radiator mobil habis atau Penyebab temperatur panas mesin naik.

Setelah kabel soket diperbaiki dan dipasang kembali ketempatnya, semua bagian yang dibuka saat melepas soket Knock Sensor dipasang kembali. Ketika mesin dihidupkan tidak terlihat lampu check engine menyala.

Kesimpulan singkat dari tulisan diatas adalah karena terjadi kebocoran pada slang baypass menuju throttle body, air radiator habis dan mesin terjadi overheating, setelah diganti slang baypass kabel soket knock sensor ikut tertarik dan lepas menyebabkan mesin mbrebet yang terbaca oleh alat scan tool mobil adalah random misfire terjadi pada silinder atau DTC P0300.

Semoga berguna.

error: