Fungsi PCV Valve Dan Cara Kerja Katup PCV Pada Mesin

Otomotifmobil.com – Masalah ventilasi pada bak mesin atau ruang engkol (crankcase) telah ada sejak awal mobil diperkenalkan, karena tidak ada cincin piston atau ring piston yang dapat memberikan pembatas sempurna antara piston dan dinding silinder.
gambar sistem ventilasi pada mesin mobil
Fungsi Sistem PCV pada mesin mobil
Sistem ventilasi bak mesin atau sistem ventilasi pada blok mesin dikembangkan untuk ventilasi bak mesin yang berfungsi agar uap sisa pembakaran yang mungkin masuk ke ruang engkol serta uap oli yang mengandung polutan dapat dibakar kembali ke dalam silinder.

gambar sistem pcv pada mesin toyota 1nz-fe, vios, yari, limo, toyota ist
Gambar Letak PCV Valve Pada Mesin Vios, Limo,Yaris atau Toyota IST

Komponen Sistem PCV
Komponen pada sistem PCV atau Positif Crankcase Ventilasi terdiri dari slang-slang udara dan pcv valve atau klep pcv atau dikenal juga dengan katup pcv.

Seperti terlihat pada gambar diatas sistem pcv pada mesin 1nz-fe terdiri dari slang dari filter udara menuju cover cylinder head dan pcv menempel pada cover cylinder head yang dihubungkan dengan selang menuju intake camber atau intake manifold.

Kita juga akan menemukan pcv valve yang tertancap pada blok mesin seperti contoh pada honda Jazz, yang terletak dibawah intake manifold dekat dinamo starter.

Cara kerja PCV Valve atau Katup PCV Pada Mesin Kendaraan
Sebelum saya jelaskan prinsip kerja pcv valve, kita perlu tahu apa saja yang terdapat didalam sebuah katup PCV atau PCV valve.

PCV valve adalah one-way valve atau katup satu arah untuk mengalirkan udara dari blok mesin atau ruang engkol ke intake manifold.
Gambar prinsip kerja pcv valve
Pada PCV valve terdiri dari pegas dan klep atau valve untuk mengatur aliran udara yang ditempatkan didalam plastik atau logam, karena itu kita akan menemukan pcv valve dengan bahan logam atau pun dari bahan plastik.

Prinsip kerja pcv valve atau cara kerja katup pcv.
Pada prinsipnya sistem kerja pcv valve dipengaruhi oleh kekuatan pegas, tekanan gas di ruang engkol/crankcase dan kevakuuman pada intake manifold yang mempengaruhi besarnya aliran udara (air flow) melewati pcv valve.

Sistem kerja pcv valve dibagi menjadi beberapa kondisi, yaitu:
1. Cara kerja PCV valve Saat Mesin Mati
Saat mesin mati atau saat terjadi backfiring atau saat ledakan mesin kembali ke intake manifol, maka katup pcv akan menutup.
gambar cara kerja pcv valve saat mesin mati
2. Cara kerja katup pcv saat mesin sedang Idle
Saat mesin idle atau stasioner karena kevakuman yang besar terjadi di intake manifold maka valve akan tertarik lebih banyak dan klep sedikit menutup saluran udara yang mengalir.
gambar cara kerja pcv valve saat mesin idle
3. Cara kerja pcv valve saat mesin beroperasi normal.
Saat mesin bekerja normal saluran udara yang terbuka pada pcv valve lebih banyak sedikit dari saat mesin sedang idle.cara kerja pcv valve saat mesin rpm tinggi
4. Cara kerja pcv valve saat akselerasi atau saat beban maksimal mesin.
Ketika mesin akselerasi atau beban maksimal, kevakuman pada intake manifold berkurang membuat tarikan yang terjadi pada valve berkurang sehingga saluran udara yang terbuka lebih banyak.

Semoga bermanfaat.

error: