Daihatsu Ayla Mesin Getar Akibat Injektor Tersumbat

Otomotifmobil.com – Memperbaiki mesin mobil daihatsu Ayla yang bergetar saat hidup akibat salah satu injektor bahan bakar tersumbat yang menyebabkan tidak terjadi pembakaran pada salah satu silinder mesin.

Penyebab injektor tersumbat ini adalah karena saat turun mesin akibat stang seker bengkok, injektor lupa dibersihkan. Penyebab stang seker bengkok pada kasus daihatsu Ayla ini menurut informasi yang saya dapatkan karena mobil masuk ke sungai.

Saat mobil masuk sungai, kemungkinan besar ruang bakar atau mesin akan kemasukan air, jika saat tersebut mesin distarter maka menyebabkan stang seker bengkok karena kemungkinan piston macet atau saat diruang bakar terdapat banyak air mesin distarter dan akibatnya bukan udara yang ditekan oleh piston, melainkan air yang terdapat diruang bakar.

Hal diatas adalah sedikit analisa serta penyebab stang seker bengkok pada daihatsu Ayla setelah mobil masuk ke sungai.

Saya lanjutkan kembali, setelah sparepart mesin yang rusak sudah diganti dan mesin dirakit kembali oleh bengkel kenalan saya, ketika mesin dihidupkan terlihat mesin bergetar cukup keras atau pincang.
Mesin tiga silinder daihatsu Ayla
Mesin Daihatsu Ayla menggunakan 3 silinder dengan kapasitas mesin 1000 cc, jika salah satu silinder terdapat masalah seperti halnya tidak terjadi pembakaran maka getaran mesin akan terasa dengan jelas.

Cara Menentukan Silinder Mesin yang sedang Bermasalah
1. Hidupkan Mesin, Lepas soket koil bergantian satu persatu, pada koil yang soket dilepas, rasakan apakah terdapat perubahan putaran mesin, pada soket yang dilepas tidak terjadi perubahan putaran mesin berarti pada silinder tersebut bermasalah.

Setelah melepas soket ignition coil maka lampu check engine akan menyala, untuk mematikan lampu check engine cukup dengan cara mereset ecu yaitu dengan cara melepas klem aki negatif dalam waktu beberapa detik sampai satu menit.

2. Sekarang periksa apakah injektor mengabutkan bahan bakar ke silinder ataukah tidak dengan cara melepas soket injektor satu persatu, pada injektor yang soket nya dilepas perhatikan apakah terjadi perubahan putaran mesin, pada soket injektor yang dilepas dan putaran mesin tidak berubah artinya pada injektor tersebut bermasalah. Kemudian lihat bagaimana cara mengukur injektor mobil injeksi.

3. Periksa tekanan kompresi mesin, untuk hal ini silakan lihat Cara Cek Kompresi mesin.

Pada masalah mesin daihatsu ayla bergetar atau pincang diatas diketahui setelah soket injektor nomer 3 dan soket koil nomer tiga dilepas tetapi tidak ada perubahan putaran mesin.
Injektor daihatsu Ayla tersumbat
Setelah injektor dibuka terlihat jelas pada injektor nomer tiga tersumbat oleh kotoran,silakan perhatikan gambar diatas. Dan untuk membersihkan injektor sudah saya tulis juga, silakan baca Cara bersihkan injektor mesin Efi.

Semoga berguna.

error: