Memperbaiki Mesin Xenia 1000cc Mbrebet

Otomotifmobil.com – Cara memperbaiki mesin xenia 1000 cc rpm idle tidak normal atau mesin xenia 1000cc ini mbrebet seperti gejala busi mati atau kebanyakan bensin sehingga busi selalu hitam setelah mesin dihidupkan.

Gambar busi hitam akibat pembakaran mesin tidak sempurna pada mobil xenia 1000 cc dengan tiga busi.

Gambar busi xenia hitam
Gambar busi mesin xenia 1000 cc terlihat kehitaman

Busi hitam adalah sebagai tanda pembakaran mesin tidak normal atau campuran bensin dan udara terlalu gemuk, sehingga bensin tidak terbakar semua saat proses pembakaran mesin yang menyebabkan mesin mbrebet.

Langsung saja, busi hitam rpm mesin tidak normal saat stasioner atau saat idle ini disebabkan oleh masalah pada ecu atau engine control unit, hal ini diketahui dari tegangan suply positif 5 volt dari ECU mobil pada throttle posisi sensor yang turun menjadi sekitar 2,7 volt saat diukur menggunakan volt meter, yang seharusnya berada disekitar 4,8 volt hingga 5 volt (lihat gambar dibawah ini).

soket throttle posisi sensor enia 1000 cc
Gambar urutan soket TPS mobil Xenia 1000 cc

Tegangan 5 volt pada salah satu kaki throttle posisi sensor berasal dari ECU yang menjadi satu dengan tegangan suply untuk ic utama pada ecu.

Dengan penggantian ECU atau mengganti ECU mobil saya rasa masalah mesin rpm tidak normal atau mesin pincang/mesin mbrebet ini pun pasti teratasi.

Gambar ecu mobil xenia 1000 cc 89560-BZ011

ecu mobil enia 1000 cc
Gambar Ecu mobil xenia 1000 cc

Tetapi disini saya akan tunjukan bagaimana cara memperbaiki kerusakan ecu dengan masalah yang sudah saya jelaskan diatas atau sekedar mengetahui bagian mana pada ECU mobil yang mengalami kerusakan yaitu terjadi drop tegangan pada power suply untuk Ic utama ecu dan suply tegangan 5 volt dc pada terminal Throttle posisi sensor.
Ecu mobil xenia 1000 cc

Drop tegangan atau penurunan tegangan terjadi pada transistor pnp untuk switching yang mensuplai voltage 5 volt ke IC utama ECU saat kunci kontak ON, setelah regulator tegangan stand by 5 volt.

Dengan penggantian transistor switching dengan transistor tipe pnp masalah pun sudah teratasi dan suply tegangan drop ke IC saat kunci kontak ON teratasi serta tegangan ke salah satu terminal TPS (throttle posisi sensor) pun normal kembali.

Semoga berguna.

error: