Cara Cek Api Busi Mobil Injeksi

Otomotifmobil.com – Mengecek atau memeriksa api busi di mesin mobil adalah penting ketika kita mendapati mesin mati atau mesin tidak bisa hidup, dalam hal apakah mesin tidak bisa hidup atau mesin bergetar saat hidup maupun mesin mrebet.

Mengecek lompatan api dibusi mesin mobil ini bertujuan untuk melihat lompatan bunga api di busi apakah besar atau api busi kecil ataukah api busi mengalir melewati samping tengah elektroda dibusi.

Cara Cek Api di busi Mobil Injeksi dengan Direct Ignition

Berikut adalah cara cek api dibusi mobil injeksi yang menggunakan sistem pengapian langsung atau direct ignition seperti vios, limo, xenia, avanza, honda jazz, toyota agya daihatsu ayla, honda brio, honda odyssey kijang innova bensin, toyota ist, toyota yaris dan lain-lain.

Gambar koil dan letak soket injektor mobil injeksi
Mesin Injeksi dengan Sistem Pengapian Langsung

1. Kalau pada mesin terdapat cover yang menutupi mesin atau menutupi coil, buka terlebih dahulu cover tersebut.

2. Buka semua baut yang memegang koil, biasanya menggunakan baut 10 mm, baut berada diatas samping koil.

3. Buka semua busi satu persatu dengan kunci busi atau menggunakan kunci shock 16 mm yang panjang, karena kebanyakan busi mobil menggunakan kunci busi 16 mm.

4. Letakkan atau pasang lagi busi yang sudah terbuka diujung koil dan tempelkan pada logam mesin pada ujung busi-busi tersebut.

Gambar cara cek api dibusi mobil injeksi
Gambar Cara Cek Api Di Busi Mobil Injeksi

5. Buka semua soket injektor ini untuk keamanan agar tidak ada bensin yang mengalir ke mesin saat mengecek api busi.

6. Putar mesin dengan starter melalui kunci kontak, dan saat mesin berputar mesin tidak akan hidup, kemudian lihat kondisi api busi, apakah api busi kecil, api busi besar atau api busi menyebar kesamping atau kah justru tidak ada api dibusi, periksa pada satu persatu busi tersebut.

Pemeriksaan api dibusi mobil seperti diatas sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 10 detik saat menstarter mesin.

Semoga berguna.

error: