Blower Tengah Avanza Tidak Berputar

Otomotifmobil.com – Memperbaiki blower tengah ac mobil all new Avanza tidak berputar yang menyebabkan angin ac tidak keluar dari sebelah atas kabin All New Avanza atau Xenia saat saklar blower atau saklar ac atas dihidupkan.

Masalah ac tengah tidak keluar anginnya pada all new avanza atau all new xenia disebabkan oleh dua hal diantaranya sekring blower putus dan atau resistor blower yang putus.

Jika sekring blower yang putus maka menyebabkan blower ac kecepatan 1,2 dan 3 tidak berputar, tetapi jika hanya resistor blower yang putus atau rusak maka menyebabkan blower kecepatan 1 dan atau kecepatan 2 tidak berputar, tetapi blower kecepatan 3 akan berputar normal.

Dimana letak atau posisi sekring blower dan resistor blower pada ac tengah atau pada ac atas all new avanza/xenia? Posisi sekring blower dan resistor blower tengah avanza berada di rumah evaporator ac tengah dibagian atas kabin.
Gambar posisi sekring blower atas All new Avanza
Cara melihat sekring blower dan resistor blower pada Avanza lama relatif lebih mudah dari pada All New avanza/xenia. Untuk all New avanza/xenia dikarenakan posisi evaporator dan blower berada di balik bludru plafon membuat nya sedikit sulit untuk membukanya.
Gambar Langkah membuka sekring blower ac tengah avanza
Cara membuka Sekring Blower dan Resistor Blower All New Avanza/Xenia
Bagaimana cara membuka sekring blower dan resistor blower tengah all new avanza ada beberapa langkah, yaitu:
1. Buka tutup baut seat belt dipilar pintu kanan dan buka baut 17 mm pemegang seat belt ke pilar pintu.

2. Buka lis pintu depan dan belakang untuk menarik penutup pilar bagian atas.

3. Buka handle atas pintu tengah kanan dengan obeng plus, terdapat 2 buah sekrup.

4. Buka 2 buah kancingan plafon terbuat dari plastik yang terletak disebelah atas pintu depan kanan, cara buka pelan-pelan dengan mencungkil sedikil demi sedikit dengan obeng minus dari dalam plafon yang sudah terbuka lisnya.

5. Tarik plafon sedikit kebawah pada bagian pilar tengah untuk melihat letak sekring dan resistor blower ac.Gambar cara melihat sekring blower All new Avanza xenia
6.Untuk membuka sekring dorong rumah sekring ke sebelah dalam agar rumah sekring terlepas dari pegangan di rumah evaporator (lihat gambar letak sekring blower diatas), buka tutup rumah sekring, ganti sekring jika putus.
Ukuran sekring blower tengah adalah 4 amper, kalau tidak ditemukan sekring 4 ampere bisa menggunakan sekring 7,5 ampere atau 10 ampere.
Baca : Kode warna pada sekring mobil.

7. Untuk membuka resistor blowernya, lepas soket pada resistor blower dan buka resistor blower menggunakan obeng plus yang pendek. Gambar resistor blower ac tengah all new avanza xeniaSetelah terbuka resistor blower perbaiki resistor blower yang rusak tersebut dengan cara menyolder sambungan yang terlepas. Gambar resistor blower diatas adalah resistor blower dengan sambungan timah akibat panas terbuka solderannya, sehingga blower pada kecepatan satu dan dua tidak berputar.

Semoga berguna.

error: