Toyota Agya Ac Kurang Dingin

Otomotifmobil.com – Ac kurang dingin pada mobil Toyota Agya, Toyota Agya saat artikel ini ditulis, boleh dikatakan mobil masih baru, baru beberapa ribu kilometer kalau untuk pemakaian keluarga.

Tetapi kenapa ac-nya kurang dingin? Sudah banyak saya menulis artikel tentang ac mobil kurang dingin salah satu contohnya bisa lihat masalah ac mobil kurang dingin atau mencari artikel ac mobil melalui kotak Google Pencarian Khusus.

Cara memeriksa penyebab ac kurang dingin pada Toyota Agya yang relatif masih baru, bisa pemeriksaan bisa dilakukan sendiri.

1. Periksa apakah pipa ac tekanan rendah yang berada diruang mesin sebelah kanan mesin, cek apakah terlihat keluar air embun atau apakah pipa kelihatan berembun? Kalau pipa ac berembun berarti bisa dikatakan ac normal dan penyebab ac kurang dinginnya ada ditempat lain.

Posisi pipa ac tekanan rendah
Gambar Letak Pipa ac yang berembun saat ac hidup.

2. Sekarang periksa tiupan angin dari dashboard ac, putar kipas blower ac pada kecepatan 1 dan rasakan hembusan anginnya, kalau hembusan angin kurang kencang, masalah penyebab ac kurang dingin pada Toyota Agya ini sudah bisa ditebak yaitu filter ac atau filter evaporator kotor tersumbat oleh debu yang sudah menggumpal menutupi pori-pori pada filter ac.
Letak filter kabin Toyota Agya dan letak sekring
Letak filter kabin Toyota Agya berada dibalik laci dashboard sebelah kiri dan dibalik laci dashboard juga terletak rumah sekring dan relay.
Letak filter cabin toyota agya
Banyak cara untuk membersihkan filter ac, diantaranya ialah bawa ke tempat pompa ban semprot dengan udara kompresor angin.
Cara membersihkan filter kabin mobil toyota agya
Cuci pakai air kran bertekanan seperti air kran dari PDAM untuk membuang debu yang sudah tebal, kemudian kalau sudah tidak ada debu lagi kibas-kibaskan filter ac agar air keluar dari filter ac, karena pori-pori filter ac cukup besar air bisa dengan mudah dikibaskan.

Tidak perlu menunggu sampai kering betul filter ac sudah bisa dipasang kembali ke dalam rumah evaporator di atas blower.

Setelah terpasang kembali filter ac coba rasakan bedanya hembusan angin ac dari dashboard, selain angin lebih kencang, udara yang keluar juga lebih dingin.

Semoga berguna.

error: