Geely LC 1.3 Mesin Mati Mendadak Saat Jalan

Otomotifmobil.com – ‎Artikel teknik mesin otomotif kali tentang penyebab mesin mobil geely lc 1.3 yang mati mendadak saat mobil jalan atau mobil Geely lc 1.3 mesin mati tiba-tiba saat jalan.

Setelah dilakukan pemeriksaan yang menjadi penyebab mesin mati mendadak pada mobil geely lc 1.3 ini adalah kompresi mesin terlalu sedikit pada ke empat silinder.

Mekanisme klep tidak benar akibat timing salah
Gambar posisi Camshaft tidak Benar Saat Piston Pada Posisi TMA

Penyebab pasti mesin mati secara tiba-tiba adalah karena timing belt loncat, timing belt loncat ini dipicu karena tensioner kendur akibat terlepas dari dudukannya.

Gambar tensioner timing belt mesin geely lc 13
Gambar Tensioner untuk mengencangkan Timing Belt

Berikut adalah tambahan, beberapa bagian yang diperiksa ketika menangani mesin mati atau tidak bisa hidup, yaitu pengapian di busi, kerja injektor, tekanan bahan bakar, timing serta tekanan kompresi tiap silinder.

Timing belt lompat menyebabkan mekanisme klep mesin tidak sesuai dengan posisi piston yang seharusnya saat mesin normal, salah satu akibat yang ditimbulkan adalah mesin kehilangan kompresi, tanda yang lain yang saya temui adalah saat coba cranking, tiupan udara terasa di throttle body sedangkan pada knalpot terasa justru menghisap udara.

Gambar posisi timing mesin geely lc 1.3 yang benar
Gambar cara menentukan Top Mesin

Pada contoh kasus mobil geely LC 1.3 ini tidak terjadi tabrakan antara klep dengan piston sebagai akibat lompat gigi timing, sehingga tidak sampai merusak mesin.

Silakan lihat video mesin setelah kesalahan timing tersebut diperbaiki.

Atau dengan kata lain, karena tidak terjadi tabrakan antara piston dengan klep saat timing belt loncat, mesin akan tetap aman jikalau timing belt putus sekalipun pada mobil geely lc 1.3 ini.

Semoga berguna, artikel ini yang sekaligus menjawab pertanyaan apakah aman mesin jika timing belt loncat atau putus pada mobil geely panda LC 1.3 ini.

You might also like

error: