Rem ABS Kijang Innova V, Lampu Peringatan Nyala Terus

Otomotifmobil.com – Memperbaiki atau mengatasi lampu indikator peringatan rem ABS pada mobil kijang innova V menyala terus, yang kebetulan lampu indikator rem ABS menyala terus setelah ganti bearing roda depan kiri.Gambar posisi modul abs kijang innova vDari riwayat yang ditanyakan kepada pemilik kendaraan, penyebab lampu indikator ABS menyala terus adalah setelah ganti bearing roda depan kiri, dari sini sudah bisa di identifikasi masalah yang menjadi penyebabnya, yaitu masalah pada sensor abs pada roda kiri depan.
Posisi sensor kecepatan roda untuk rem AbsSaat diperiksa dengan scan tool pun sama menunjukan DTC ABS pada sensor roda kiri depan atau speed sensor pada roda kiri depan tepatnya adalah DTC C0205 yaitu Front Speed Sensor LH Circuit.

Cara Meriksaa Sensor ABS atau Cara Cek Speed Sensor Pada Roda
Cara mengecek sensor kecepatan roda pada rem ABS bisa menggunakan dua metode, yaitu menggunakan scan tool dan mengecek secara manual.

Untuk mengecek sensor ABS atau sensor kecepatan roda dengan scan tool bisa menggunakan menu data stream pada menu ABS untuk melihat kecepatan roda saat roda diputar dengan tangan, dengan cara mendongkrak roda dan kunci kontak posisi ON.

Pemeriksaan sensor rem Abs pada roda juga bisa dilakukan secara manual dengan cara mengukur nilai tahanan atau nilai resistant pada soket sensor, yang diukur adalah nilai tahanan pada soket sensor yang menuju ke roda, bukan soket sensor yang menuju ke ABS modulator.Gambar sensor ABS mobil kijang Innova VNilai tahanan atau nilai resistansi pada sensor berada disekitar 1,1 kilo Ohm menggunakan Ohm meter atau Avometer, jika berada diatas nilai tersebut atau tidak menunjukan nilai tahanan artinya sensor atau kabel sensor putus. Tetapi terkadang kabel yang putus ditengah tersebut kadang terhubung karena gerakan.

Tips cara mencari kabel putus ditengah adalah gunakan avometer pilih untuk ukur ohm pilih skala 2k atau 10 k pada avometer, sambil mengukur nilai tahanan tekuk-tekuk pada kabel yang dicurigai putus tersebut, seperti terlihat gambar diatas, panah hijau adalah tempat kabel putus yang saya temui.

Cara Memperbaiki Sensor ABS Kabel Putus
Ada dua opsi untuk mengatasi atau memperbaiki rem abs nyala terus akibat kabel sensor roda putus.
Pertama: mengganti sensor ABS atau speed sensor roda
Kedua: Menyambung kmbali kabel putus tersbut dan pastikan setelah disambung kembali memiliki resistansi atau memiliki nilai tahanan yang sama dengan sensor roda yang lain contoh sensor roda kanan.

Apakah Perlu Clear DTC ABS setelah kabel sensor diperbaiki atau diganti? Untuk Mobil Toyota Kijang Innova, jika sistem ABS sudah bekerja normal meskipun DTC masih tersimpan, lampu indikator ABS secara otomatis akan mati.

Begitu juga dengan Lampu Indikator Check Engine pada mobil kijang Innova, jika sistem engine control bekerja normal meskipun masih terekam DTC pada ECM, lampu Indikator Check Engine akan mati dengan sendirinya saat mesin hidup, itulah salah satu kelebihan yang bisa ditemukan pada Toyota Kijang Innova.

Semoga berguna.

error: