Cara Mengecek Kerja OCV Pada Mesin VVT-i

Otomotifmobil.com – Fungsi OCV adalah untuk mengatur pembukaan katup isap mesin secara variable sesuai beban mesin.

OCV adalah singkatan dari OIL Control Valve yang bertugas untuk mengatur pembukaan saluran oli menuju vvt-i controller.

Apa itu VVT-i? VVT-i adalah sebuah sistim yang mampu mengatur waktu kerja katup untuk mencapai kondisi optimum dari saat idle sampai putaran tinggi.sistem vvt-i pada mesin mobilCara mengecek kerja OCV valve pada mesin VVT
Ada setidaknya dua metode atau dua cara untuk mengecek kerja OCV pada mesin VVT-i.
1. Menggunakan menu aktif test atau aktuator test pada alat scan mobil untuk memeriksa kerja ocv. Saat menggunakan aktif test, bisa dipilih secara bertahap pengujian kerja ocv ini, mulai minimal hingga maksimal hingga mesin mati, tentu saja hal ini dilakukan saat mesin idle.

Catatan: Jika sistem VVT dapat dioperasikan melalui Active Test, ini dapat dianggap bahwa sistem VVT bekerja normal, yang boleh dikatakan juga bahwa tekanan oli dan filter oli OCV tidak tersumbat atau dalam kondisi baik.

2. Dengan cara manual tanpa menggunakan alat scan mobil
Tanpa memakai scan tool pun bisa dilakukan untuk memeriksa kerja OCV, dengan cara melepas soket ocv kemudian memberi arus listrik secara langsung, memberi tegangan 12 volt dari aki, kutup positif dan negatif boleh terbalik, karena kita akan memberi arus listrik pada gulungan spul ocv, ini pun juga sama lakukan hanya saat mesin idle.Cara menguji ocv secara manual dengan akiTanda-tanda atau ciri-ciri OCV valve masih baik atau masih bekerja dengan normal adalah saat diberi aliran tegangan 12 volt pada soket OCV, maka rpm mesin akan turun dan mesin bergetar dan terkadang mesin akan mati atau mesin langsung mati.

Semoga berguna.

error: