Kegunaan SRS Airbag Pada Mobil

Otomotifmobil.com – Fungsi SRS Airbag adalah alat pelindung keselamatan dan digunakan bersama dengan seat belt(sabuk pengaman), airbag adalah merupakan kantung udara yang berfungsi untuk membantu mengurangi kejutan pada kepala dan dada dari pengemudi dan penumpang depan pada saat terjadi tabrakan frontal yang melebihi daya benturan yang sudah ditetapkan.

SRS Airbag adalah singkatan dari Supplemental Restraint System Airbag, air bag pada sisi pengemudi dan penumpang bagian depan biasanya menggunakan sensor sama, sehingga menyebabkan kedua airbag akan mengembang secara bersamaan, tetapi bisa jadi hanya salah satu airbag yang mengembang.gambar contoh airbag sudah mengembang pada mobil honda mobilio

Sistem Kerja Airbag atau Cara kerja airbag
Sirkuit utama pada unit airbag bertugas untuk mendeteksi serta menentukan besarnya gaya benturan, jika memang diperlukan akan memicu inflator airbag untuk mengembangkan kantung udara. Diagram sistem airbag pada mobil AvanzaJika tegangan baterai terlalu lemah karena listrik dari baterai/accu terputus karena tabrakan keras, maka voltage regulator dan power circuit cadangan akan menjaga agar tegangan untuk memicu inflator tetap konstant.

SRS dilengkapi dengan sirkuit penambah voltase (DC-DC converter) dalam sensor airbag tengah seandainya terjadi penurunan sumber tegangan dari accu. Pada saat voltase baterai turun, sirkuit penambah voltage (DC-DC converter) berfungsi untuk menambah voltase agar voltase yang ke SRS normal.

Apa yang membuat Airbag Menggelembung
Sistem pengembangan kantung udara pada airbag mereaksikan natrium azida dengan kalium nitrat untuk menghasilkan gas Nitrogen dan ledakan nitrogen mengembangkan kantung udara, kalium nitrat merupakan sumber alami mineral nitrogen.

Syarat agar unit SRS airbag bisa bekerja adalah:
1. Sensor benturan depan harus mengaktifkan dan mengirim sinyal elektrik ke mikroprocessor
2. Mikroprocessor harus dapat memproses sinyal benturan dari sensor
3. Inflator airbag yang menerima sinyal harus memicu dan mengembangkan airbag tersebut.

Pada contoh airbag mengembang yang ditunjukana pada gambar diatas, yang memicu airbag mengembang adalah terjadi benturan yang keras pada bagian bawah mesin.

Semoga berguna.

error: