Tips dan Cara Mengecek Aki MF Masih Bagus atau Tidak

Otomotifmobil.com – Cara cek aki kering masih bagus atau sudah rusak, artikel pemeriksaan aki mf atau accu maintenance free, apakah kondisinya masih baik atau tidak sebenarnya cukup mudah, karena untuk aki mf (aki kering) kita tidak perlu lagi melakuan pemeriksaan terhadap cairan elektrolit atau tidak perlu pemeriksaan muatan listrik (Berat Jenis) pada air aki, terutama untuk aki mf yang tertutup tidak dilengkapi lubang pengisian air aki.

Apa itu aki MF(Maintenance Free)
Aki MF adalah aki yang dibuat oleh pabrikan dengan bahan dan desain khusus yang dapat mengurangi penguapan cairan didalam aki sehingga tidak diperlukan lagi menambah air aki.
Alat ukur voltase akiBerikut adalah tips pemeriksaan terhadap aki MF apakah masih bagus, apakah masih layak digunakan atau kah sudah waktunya diganti.

1.Setelah berkendara kira-kira 20 atau 30 menit atau hidupkan mesin selama kurang lebih duapuluh menit hingga tigapuluh menit,
2. Kemudian matikan mesin,
3. Putar kunci kontak ke posisi ON atau II,
4. Hidupkan beban kelistrikan seperti blower ac, headlight(lampu depan),pemanas kaca belakang dan lain-lain selama 60 detik,
5. Setelah kira kira 60 detik, OFF kan kunci kontak dan matikan beban kelistrikan,

gambar cara mengukur tegangan aki
Gambar Cara Ukur Tegangan Aki Dengan Avometer Digital

6. Kemudian gunakan alat ukur volt meter atau Avometer digital untuk mengukur tegangan Positif dan Nergatif Battery (aki), spesifikasi tegangan aki saat pengukuran haruslah berada disekitar 12,5 hingga 12,9 volt jika kurang dari spesifikasi tegangan tersebut, maka perlu charge aki.

Semoga bermanfaat silakan lihat juga kapan saatnya aki perlu di ganti.

error: