Penyebab Kopling Getar Setelah Ganti Kampas Kopling

Otomotifmobil.com – Penyebab kopling mobil terasa bergetar saat melepas pedal kopling atau Anda yang bertanya kenapa kopling getar padahal baru diganti kampas koplingnya.

Sebelum mengetahui apa penyebab bergetarnya mobil saat melepas pedal kopling ada baiknya kita tahu prinsip kerja kopling pada mobil dengan transmisi manual.
Bagian bagian kopling pada mobilSeperti terlihat pada gambar diatas, berikut akan di jelaskan prinsip kerja kopling pada mobil baik cara kerja kopling mekanik atau cara kerja kopling hidrolis pada prinsipnya sama.

Saat pedal kopling diinjak, release fork kopling dan release bearing menekan diafragma spring atau pegas matahari untuk membebaskan clutch disc/plat kopling dari himpitan antara plat cover clutch dengan permukaan flywheel, flywheel atau roda gila berputar bersama mesin dan cover clutch.

Silakan Baca Juga

Saat pedal kopling dilepas secara perlahan, plat kopling akan bergesekan dengan roda gila dan pressure plate pada cover clutch hingga plat kopling terhimpit secara penuh dan berputar bersama dengan roda gila dan cover clutch.

Ketika melepas pedal kopling dan saat plat kopling mulai bergesekan dengan roda gila dan plat penekan pada cover clutch, jika terdapat permukaan tidak rata, baik pada roda gila atau pun plat kopling, akan menyebabkan getaran dan itulah yang disebut kopling getar.
kopling set mobil diesel daihatsu taftPenyebab permukaan tidak rata pada permukaan, baik permukaan roda gila atau plat kopling atau pun cover clutch biasanya karena keausan. Pengecekan terhadap komponen kopling silakan lihat cara mengecek komponen kopling.permukaan roda gila atau flywheelGambar dibawah adalah kampas kopling yang terlihat pada beberapa bagian terdapat tanda gesekan yang tidak merata dengan bagian lainnya yang menjadi penyebab kopling getar.Penyebab kopling getarPlat kopling dan cover clutch diatas masih terlihat baru dan memang belum lama diganti, tetapi koplingnya getar, dan getar tidaklah disebabkan oleh keausan atau tidak ratanya permukaan baik plat kopling, roda gila atau pun plat penekan pada cover clutch, tetapi disebabkan oleh kekencangan baut pemegang cover clucth ke roda gila yang tidak merata atau momen pengencangan baut tidak sama.mengencangkan cover clutchBerapa momen pengencangan baut pemegang dekrup atau cover clutch.
Baut pengencang cover clutch dari beberapa manual book mobil, terdapat beragam tingkat pengencangan baut cover clutch. Ada yang menggunakan baut class 5T, menggunakan baut class 6T atau class 7T, biasanya baut cover clutch memiliki ukuran diameter ulir luar adalah 8 mm atau baut dengan kepala baut 12 mm, momen pengencangan baut cover clutch ada yang 19 N.m, seperti terlihat pada gambar pertama diatas, atau ada juga yang menggunakan momen pengencangan sampai 25 N.m seperti contoh pada suzuki APV atau seperti terlihat pada gambar dibawah yang memiliki moment pengencangan baut hingga 34 – 44 N.m.Momen baut dekrup pada nissan maxima cefiro

Setelah dipasang kembali kopling set diatas dengan baut pengencangan yang sesuai momen pada ke enam baut cover clutch hasilnya adalah tidak ada lagi dirasakan kopling getar sewaktu melepas pedal kopling.

Semoga berguna.

error: