Mitsubishi Triton Busi Pemanas Tidak Berfungsi

Otomotifmobil.com – Penyebab busi pijar atau busi pemanas atau glow plug pada mesin diesel mitsubishi triton tidak bekerja atau tidak berfungsi.

Fungsi Pemanas Pada Mobil Solar atau Mobil Diesel
Pada mesin diesel fungsi busi pijar atau glow plug adalah untuk memanaskan ruang bakar ketika mesin masih dalam kondisi dingin, untuk memudahkan solar terbakar diruang bakar mesin saat mesin start diwaktu mesin dingin.
Letak busi pemanas atau glow plug mitsubishi tritonBusi pemanas atau glow plug pada Mobil diesel Mitsubishi Triton dikontrol oleh control unit yang berada di samping kiri dibawah dashboard.Control unit glow plug mitsubishi tritonGambar diatas adalah gambar Control unit glow plug atau timer busi pemanas diesel mitsubihi triton dengan kode spare part 1860B098 – K8T82282.

Cara kerja atau sistem kerja timer busi pemanas tersebut mengendalikan relay glow plug yang terletak atau berada di belakang aki, sewaktu mesin dalam kondisi masih dingin, tetapi ketika mesin sudah panas, kontrol unit tersebut tidak menggerakkan relay glow plug.

Gambar dibawah adalah transistor penggerak relay busi pijar yang terbakar sehingga mengakibatkan busi pijar atau busi pemanas tidak berfungsi saat kunci kontak ON meskipun indikator busi pemanas di panel spido menyala.gambar transistor penggerak relay busi pijar terbakar

Tips untuk mengatasi atau cara memperbaiki masalah busi pemanas diesel pada Mitsubishi Triton akibat kerusakan transistor driver relay adalah:
1. Bisa mengganti transistor yang rusak, kalau tidak ada bisa menggunakan persamaannya.
2. Mengganti control unit yang baru
3. Melepas transistor dan memasang timer sendiri untuk mengendalikan relay busi pemanas, timer biasanya diatur sekitar 15 detik.

Cara terakhir yaitu memodifikasi sistem pengendali pada relay busi pemanas dengan membuat timer terpisah sering juga saya temui ketika busi pemanas tidak berfungsi.

error: