Gambar Letak Dinamo Starter Mobil Vios Limo

Otomotifmobil.com – Tulisan singkat ini akan menjelaskan dimana letak atau posisi dinamo starter pada mobil vios limo atau posisi dinamo starter pada mesin 1NZ-FE serta cara membongkarnya.

Posisi atau letak dinamo starter mobil vios atau yaris atau limo berada dibawah intake chamber tepatnya kalau kita menghadap mesin mobil, dinamo starter berada persis dibelakang kipas radiator, silakan untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.Gambar letak dinamo starter mobil vios yaris dan limo, letak thermostat serta letak water pumpCara Membongkar Motor Starter atau dinamo starter dari Mesin
1. OFF kan kunci kontak,
2. Buka terminal aki negatif
3. Buka mur 12 pemegang kabel B+ dari aki pada selenoid starter
4. Buka soket kabel pada solenoid starter
5. Buka baut 2 buah baut 14 mm dengan kunci shock 14 dan sambungan pendek untuk baut starter sebelah atas, sedangkan baut starter dibagian bawah bisa gunakan kunci shock tanpa sambungan, jangan lupa saat buka starter posisi kendaraan perlu sedikit naik, untuk mengeluarkan dinamo starter adalah lewat bawah.
Cara membongkar dinamo starter dari mesin
6. Setelah dinamo starter diganti dan pasang kembali, silakan ikuti kebalikan dari langkah diatas, perhatikan spesifikasi moment pengencangan baut agar tidak terjadi kerusakan atau patah terutama pada baut 12 mm terminal B+ dari Accu.

7. Langkah terakhir memasang klem aki, setelah itu hidupkan mesin, jika saat hidupkan mesin rpm mesin tidak normal atau turun dibawah 600 rpm atau dibawah 500 rpm (untuk vios limo tahun 2007 dengan etcs-i), silakan bersihkan throttle body, artinya throttle body kotor, caranya sudah ditulis silakan lihat Cara Membersihkan Throttle Body, throttle valve atau katup gas.

Perhatian: membongkar dinamo starter sendiri tanpa pengetahuan tidak disarankan, lebih baik bawa ke bengkel kepercayaan.

Semoga berguna.

You might also like

error: