Cara Pemeriksaan Pada Unit Kopling Mobil

Otomotifmobil.com – Langkah pemeriksaan kopling mobil atau cara memeriksa unit kopling mobil atau komponen kopling setelah bagian-bagian sistem kopling dibongkar.

Kita tahu fungsi kopling adalah untuk memutuskan dan menghubungkan putaran mesin dengan input shaft pada transmisi untuk diteruskan putaran tersebut ke roda-roda sehingga mobil bisa berjalan. Dalam tulisan ini saya tidak perlu lagi menjelaskan kegunaan bagian-bagian sistem kopling, silakan kunjungi komponen kopling mobil beserta fungsinya.Cover clutch terpasang pada roda gilaBerikut ini adalah cara atau langkah pemeriksaan komponen kopling setelah unit kopling diturunkan atau dibongkar.

1. PERIKSA CLUTCH DISC atau KAMPAS KOPLING
Untuk mengukur tebal plat kopling, gunakan jangka sorong, ukur kedalaman kepala kelingan dengan permukaan plat kopling.Gambar cara mengecek kampas kopling

Spesifikasi kedalaman minimum rivet atau keling plat kopling adalah
0.3 mm (0.012 in.)

Dengan melihat kondisi plat kopling, jika diperlukan, ganti clutch disc.

Pasang clutch disc pada transaxle atau pasang kampas kopling pada input shaft transmisi
Cara mengecek kampas kopling tidak rata
Masukkan plat koping pada arah yang benar, bagian permukaan yang banyak menonjol keluar pada plat kopling menghadap transmisi.

Gunakan dial gauge, periksa runout clutch disc.

Runout maksimum:
0.8 mm (0.031 in.)

Jika diperlukan dengan melihat kondisi fisik, ganti clutch disc.

2. PERIKSA CLUTCH COVER ASSEMBLY
Gunakan jangka sorong, ukur lebar dan kedalaman keausan pegas diaphragma akibat bergesekan dengan release bearing.Cara mengecek dekrup atau matahari kopling
Spesifikasi Maksimum:
A (Kedalaman): 0.5 mm (0.020 in.)
B (Lebar): 6.0 mm (0.236 in.)

Jika diperlukan dengan melihat kondisi dan keausan pressure plate, ganti clutch cover.

3. PERIKSA FLYWHEEL SUB-ASSEMBLY /Roda Penerus atau Roda Gila
Pergunakan dial gauge atau dial indikator, periksa runout flywheel sub-assembly. Gambar dibawah adalah gambar cara pemeriksaan keolengan pada roda penerus atau flywheel.Cara memeriksa permukaan flywheel atau roda penerus

Runout maksimum:
0.1 mm (0.004 in.)

Jika diperlukan dengan melihat kondisi fisik, ganti flywheel sub-assembly.

4. PERIKSA RELEASE BEARING KOPLING ASSEMBLY
Cara periksa release bearing koplingPemeriksaan pada Release Bearing, periksa apakah release bearing kopling bisa bergerak dengan lembut tanpa terasa terhambat atau bunyi yang tidak normal dengan memutar bagian depan yang bergeser dari release bearing kopling (permukaan kontak dengan clutch cover) dengan diberikan gaya dalam arah aksial.Release bearing koplingPeriksa release bearing kopling assembly dari cacat dan aus, jika diperlukan, ganti release bearing atau regreasing.

Release bearing berpegang pada garpu pembebas kopling atau fork kopling, periksa juga keausan pada titik tumpuan fork kopling, jangan sampai karena terlewat akhirnya terjadi kerusakan pada fork kopling seperti pada artikel yang sudah Otomotif Qita tulis di artikel kerusakan garpu pembebas kopling.

error: