Cara Membersihkan Injektor Mobil Efi Dengan Alat Sederhana

Otomotifmobil.com – Kegunaan injektor pada mobil injeksi atau mobil efi adalah merupakan part mobil yang bertugas untuk mengabutkan bahan bakar bertekanan ke dalam ruang mesin.

Pengaruh Injektor Tersumbat atau Buntu

Injektor tersumbat akan berpengaruh terhadap performa mesin, diantara contohnya adalah mesin mrebet, akselerasi kurang hal ini akan membuat kita ragu untuk menyalip atau mendahului kendaraan didepan, atau pun rpm mesin tidak akan bisa naik diatas 3000 rpm itu salah satu contoh yang pernah saya temui.Gambar letak injektor pada mobil EfiUntuk membersihkan injektor bisa dilakukan di bengkel-bengkel mobil yang sudah memiliki alat injektor cleaner, sedangkan cara membersihkan injektor mobil sendiri saya kurang sarankan kecuali memang sudah bisa atau pernah beberapa kali melihat cara membersihkan injektor. Karena ada beberapa hal atau beberapa langkah yang setidaknya perlu dilakukan.

Berikut adalah Langkah membersihkan injektor pada mobil efi:

Pertama, sebelum membersihkan injektor perlu terlebih dahulu untuk membersihkan atau mengganti fuel filter atau filter bensin, karena akan percuma jika fuel filter kotor, kotoran pada filter bensin akan kembali naik ke injektor.

Kedua, dengan asumsi fuel filter sudah bersih, hidupkan mesin, setelah mesin hidup, buka relay fuel pump atau sekring injektor, yang intinya disini adalah untuk memutus listrik ke pompa bensin, tunggu beberapa detik hingga mesin mati sendiri yang artinya sudah tidak ada tekanan pada saluran bahan bakar. Ini bertujuan agar sewaktu melepas sambungan pipa bensin atau saat melepas injektor tidak ada bahan bakar yang tumpah.

Ketiga, Off kan kunci kontak dan lepas terminal aki negatif, yang perlu jadi perhatian untuk kendaraan kendaraan tertentu melepas aki terkadang ada beberapa item yang perlu disetting ulang. Bekerja dengan kelistrikan mobil sebaiknya selalu melepas terminal aki untuk menghindari konsleting listrik mobil.

Keempat, buka pipa (fuel delivery pipe) atau selang bensin atau saluran pipa bahan bakar yang dekat dengan injektor. Untuk melepas injektor atau membuka injektor tergantung konstruksi mesin, ada yang mudah dan ada yang susah karena banyak bagian yang harus dilepas.Gambar injektor pada mobil EfiKelima, saat membuka injektor dari delivery pipe harus hati-hati jangan sampai ada seal injektor yang rusak, cacat atau pun putus. Kalau seal injektor rusak dimana tempat membeli sealnya? Silakan dicoba cari dibengkel-bengkel ac mobil, biasanya banyak seal yang cocok atau sesuai, tinggal bawa contohnya saja.

Keenam, setelah injektor terlepas, buka dengan hati-hati seal injektor jangan sampai rusak, seal injektor dibuka agar seal injektor tidak terkena cairan pembersih injektor yang bisa merusak karet seal injektor.

Ketujuh, bersihkan permukaan luar injektor dengan pembersih injektor atau injektor cleaner, biasanya pada ujung-ujungnya banyak menempel karbon.

Kedelapan, karena judulnya cara membersihkan injektor mobil sendiri, pasang adaptor yang sudah dibuat seperti gambar dibawah ini, pasang injektor cleaner (pembersih injektor) atau carburator cleaner, siapkan aki 12 volt, pasang salah salah satu kabel ke negatif aki dan ujungnya pasang ke salah satu terminal injektor, kemudian pasang kabel satu lagi ke terminal injektor yang lain.

Injektor pada mobil EFI memiliki dua terminal yaitu positif dan negatif, saat memasang soket kabel ke kedua terminal injektor, bungkus soket menggunakan isolasi untuk mencegah konslet, karena kedua terminal injektor berdekatan, kalau bisa gunakan soket khusus untuk menyambung kabel ke injektor. cara membersihkan injektor mobil efi atau mobil injeksi 1Tekan injektor cleaner agar terisi cairan pembersih bertekanan didalam adaptor injektor, pastikan adaptor sudah di klem dengan kuat, hati hati agar cairan pembersih carburator tidak mengenai mata atau pakai kacamata pelindung.

Selanjutnya setelah cairan pembersih injektor sudah bertekanan didalam adaptor, putus sambungkan kabel satunya yang berasal dari injektor ke terminal aki positif atau bisa pergunakan saklar, proses pembersihan lubang-lubang kecil injektor pun dimulai.

Semprotan ijektor cleaner akan keluar saat kabel positif injektor dihubungkan ke terminal aki positif. Perhatikan cairan pembersih injektor yang keluar harus terlihat mengabut dengan baik.

Lakukan pembersihan injektor ini satu persatu, ini bisa jadi diperlukan paling tidak satu atau dua botol injektor/carburator cleaner.

Setelah injektor bersih, dengan hati-hati pasang kembali seal injektor, pasang injektor ke fuel delivery pipe dan pasang kembali injektor ke mesin serta pasang beberapa perlengkapan mesin yang telah dibongkar.

Coba rasakan perbedaan tenaga setelah injektor dibersihkan dengan sebelum injektor dibersihkan, semoga berguna.

error: