Avanza Veloz Lampu Indikator Peringatan ABS Nyala Terus

Otomotifmobil.com – Penyebab kenapa lampu indikator peringatan rem abs menyala terus dan lampu rem tangan tidak mau mati pada Toyota Avanza Veloz?

Indikator rem ABS akan menyala terus saat kunci kontak ON jika mendeteksi adanya gangguan pada sistem rem ABS, Jika bekerja normal atau tidak ada masalah pada sistem ABS, seharusnya lampu ABS nyala sebentar saat Kunci Kontak ON kemudian Lampu ABS akan mati.Gambar bentuk ABS Modulator Avanza VelozUntuk bisa mengatasi masalah rem abs atau mengetahui penyebab lampu indikator ABS menyala terus diperlukan alat scanner atau diagnostic tool yang sesuai, biasanya scanner generic OBD2 terkadang kurang membantu, karena kebanyakan scanner generic OBD2 hanya bisa dipergunakan untuk mendeteksi masalah engine.dtc abs Avanza VelozSeperti contoh yang saya temui, lampu ABS AVANZA VELOZ menyala terus disebabkan oleh soket ABS ke sensor kecepatan roda belakang terlepas (DTC Code C0215 atau Rear Speed Sensor LH Circuit),

Dari DTC ABS diatas terdapat 2 DTC, yaitu DTC C0215 dan C0278, setelah clear fault data, yang masih muncul adalah DTC C0215 yaitu masalah pada siskuit sensor roda belakang kiri.

Setelah diperiksa jalur kabel, ternyata terdapat soket sensor kecepatan roda belakang kiri terlepas, soket sensor roda belakang kiri tersebut lupa dipasang setelah pembongkaran karpet, hal ini mungkin karena letak soket pasangannya tidak terlihat, berada dibalik plat body kiri belakang.Gambar posisi soket sensor ABS  roda kiri belakang Avanza VelozSelain lampu ABS menyala terus, sensor roda tidak terpasang juga menyebabkan lampu parkir atau lampu handrem nyala terus meskipun handrem sudah diturunkan.

Setelah soket sensor kecepatan roda belakang kiri dipasang, buka klem aki dan pasang kembali klem aki, lampu ABS pun normal kembali, tetapi DTC yang tersimpan masih ada alias tidak serta merta terhapus Data Trouble CODE ABS tersebut, perlu untuk clear fault data dengan scanner untuk menghapus DTC yang masih tersimpan.

Update: saya tambahkan artikel ini karena beberapa saat yang lalu saya menangani masalah lampu abs veloz menyala dengan DTC C1249 Open In Stop Lamp Switch Circuit artinya sirkuit saklar lampu rem dalam kondisi terbuka. Akan tetapi ketika saya injak pedal rem, lampu rem menyala normal. Tetapi kemudian saya diinformasikan kalau beberapa hari lalu sudah mengganti bohlam rem dengan tipe LED.

Ini adalah penyebab lampu indikator abs menyala, yaitu karena mengganti bohlam rem menggunakan LED. Kenapa hal ini bisa memicu DTC C1249? Baiklah sedikit akan saya jelaskan, lampu LED memiliki nilai tahanan atau resistansi lebih besar dibanding dengan bohlam rem biasa, sehingga ecu skid control abs mengartikan sebagai sirkuit terbuka karena nilai resistansi LED tersebut diluar spesifikasi resistansi bohlam rem biasa, kira-kira seperti itu. Semoga berguna.

error: