Penyebab Tidak Keluar Api di Busi Great Corolla 1995

Otomotifmobil.com, Artikel kerusakan pada mobil injeksi yaitu api tidak keluar dari busi toyota great corolla 1995, yang akan saya tulis untuk artikel otomotif mobil kali ini. Toyota Great Corolla atau Mobil Toyota Corolla 1.6SE.G adalah mobil injeksi yang masih menggunakan distributor untuk membagi api ke masing-masing busi seperti halnya pada toyota soluna 1.5GLI atau Honda Genio.

Pada Toyota Great Corolla terdapat dua komponen penting yang bertanggung jawab jika tidak ada keluar api dibusi yaitu Distributor Assy (Delco) dan ECM atau ECU, kerusakan pada salah satu komponen ini akan menyebabkan mesin tidak bisa hidup, selain tidak keluar api pada busi, pompa bensin pun tidak akan bekerja.

Distributor Assy Great Corolla
Didalam distributor Assy great corolla terdapat beberapa komponen, jika salah satu komponen rusak maka tidak akan dihasilkan bunga api di busi.

Beberapa komponen didalam distributor assy diantaranya adalah Coil, Igniter, Pick-up Coil signal G dan Pick-up coil signal NE serta rotor distributor. Untuk Distributor Assy Great corolla sudah saya jelaskan lebih rinci silakan kunjung Artikel Distributor Assy Great Corolla.gambar distributor assy great corolla
Jika pada bagian distributor assy mengalami Gangguan atau kerusakan biasanya dilakukan penggantian satu set Distributor Assy, itu pun biasanya kita dapatkan adalah sparepart ex singapore atau yang lain yang masih bisa dipakai.

Harga distributor Assy atau Harga delco great corolla ex ini berkisar antara 700 ribu hingga 1 juta rupiah. Tetapi ada juga yang mengganti sparepart didalam distributor Assy seperti mengganti coil jika memang sudah dipastikan coilnya yang rusak atau pun mengganti igniter jika memang diketahui kalau igniternya yang rusak.

ECM atau ECU Great Corolla
Komponen kedua yang menyebabkan tidak keluar api dibusi great corolla adalah ECU mesin, ECM atau ECU mendapatkan signal dari pick-up coil yang terdapat dalam distributor, sinyal pick up coil di olah Ecu untuk mengendalikan igniter dalam memutus arus listrik gulungan primer coil sehingga terbentuk tegangan tinggi pada gulungan sekunder coil dan menghasilkan api dibusi. Silakan Lihat Gambar rangkaian sambungan antara Ecu dengan delco.gambar ecu great corolla mesin 4a-feGambar diatas adalah computer box atau engine Control Toyota 89661 – 12800 atau ecu great corolla dengan kode mesin 4a-fe dengan 12 pin, 16 pin dan 26 pin.

Sama seperti halnya delco atau distributor assy, untuk ECU 4A-FE Toyota great corolla juga bisa didapatkan dengan harga sekitar 2,5 jutaan.

error: