Katup Ekspansi Pada Ac Mobil dan Fungsinya

Otomotifmobil.com, Apa itu katup ekspansi atau expansion valve pada ac mobil?

Fungsi Katup Ekspansi atau Expansion Valve Pada Ac Mobil
Katup ekspansi adalah merupakan komponen ac mobil yang berfungsi untuk menurunkan suhu dan tekanan refrigerant atau freon ac mobil pada sirulasi ac mobil, setelah gas freon dipompa oleh kompressor dan dirubah wujudnya menjadi cair oleh condensor ac.

Selain itu katup ekspansi juga berfungsi untuk merubah bentuk refrigerant dari refrigerant cair bertekanan tinggi menjadi gas bertekanan rendah dengan cara dikabutkan setelah melewati saluran sempit pada ekspansi valve dan pengabutan freon cair bertekanan tinggi terjadi didalam evaporator.Letak atau posisi katup ekspansi pada mobil Avanza Xenia terios dan toyota rushKatup ekspansi terletak di saluran masuk sebelum evaporator karena tugas katup ekspansi adalah untuk mengabutkan freon (refrigerant) bertekanan tinggi yang datang dari kompressor, kondensor dan receiver drier.
Expansi valve ac mobil toyota kijang innovaKatup ekspansi yang terdapat pada ac mobil terdapat bermacam-macam bentuk. Sedangkan jenis katup ekpansi ada dua macam yaitu tipe dengan sensor panas dan tipe orifice tube.
Gambar Katup ekspansi dengan sensor panasKatup ekspansi dengan sensor suhu jenis terbaru adalah expansi valve tipe box yang banyak diterapkan pada mobil di Indonesia seperti mobil-mobil Toyota.Gambar katup ekspansi ac mobil tipe kotakSedangkan katup expansi valve tipe orifice tube yang memiliki saluran lubang tetap dan tidak terdapat pengaturan atau sensor suhu bisa di temukan pada mobil opel blazer.Katup expansi ac mobil opel blazer
Gejala Kerusakan Pada Katup Ekspansi
Katup expansi jarang bermasalah atau jarang mengalami kerusakan, adapun jika terjadi kerusakan itu adalah karena terdapat kotoran dari keausan kompresor ac yang masuk ke expansi valve dan menyumbat saluran pada expansi valve.

Cara mengetahui espansi pada kompomen ac mobil yang buntu atau tidak dan ciri-ciri katup expansi yang tersumbat atau buntu bisa dilihat dari tekanan freon ketika diperiksa menggunakan manipol gauge dengan tanda yaitu pada sisi tekanan rendah terlalu rendah dan tekanan tinggi pada manipol gauge melebihi tekanan normal. Ini akan terbaca jika service valve tekanan tinggi terletak dipipa ac setelah kondensor atau setelah receiver drier.

error: