Fungsi Relay Pada Klakson Mobil

Otomotifmobil.com, Kegunaan relay pada rangkaian klakson mobil dan ini adalah alasan kenapa klakson mobil memerlukan relay.

Relay klakson pada mobil adalah standar bawaan mobil dengan tujuan agar arus listrik yang mengalir ke klakson tetap stabil dan tidak cepat merusak saklar klakson, karena rata-rata arus listrik yang mengalir ke klakson lumayan besar, apalagi jika kendaraan mengunakan kabel spiral sebelum steering pad, seperti halnya mobil kijang innova G 2011, Toyota New Vios Limo dan lain-lain.
Gambar posisi klakson mobil New Vios Limo Yaris
Jadi fungsi relay pada klakson mobil adalah agar arus listrik yang mengalir tetap stabil, agar bunyi tetap nyaring dan tidak seber.

Selain itu fungsi relay pada klakson mobil adalah agar horn pad atau switch klakson awet karena hanya dilewati arus listrik untuk menggerakkan kontak relay dengan arus listrik kecil. Silakan lihat rangkaian kelistrikan sederhana klakson mobil untuk melihat arus listrik yang mengalir.
gambar letak relay klakson mobil New Vios Limo YarisGambar diatas adalah gambar letak relay klakson mobil Toyota New Vios Limo dan Yaris yang berada didalam relay integrasi didalam rumah relay di ruang mesin.

Cara Mencari Dimana Letak Relay Klakson Mobil
1. Melihat pada cover rumah sekring atau cover rumah relay biasanya tertulis nama Relay Horn atau jika menggunaan gambar pada cover fuse box bisa dilihat ada gambar trompet pada tutup rumah sekring.

2. Mencari dimana letak relay klakson biasanya jika klakson atau bel tidak bunyi, cara nya cukuplah mudah, buka kap mesin kemudian minta bantuan seorang teman untuk menekan tombol klakson distir, saat tombol klkson distir ditekan biasanya akan terdengar suara kontak relay ceteg-ceteg, kira-kira seperti itu bunyinya.

error: