Cara Memperbaiki Radiator Mobil Bocor

Otomotifmobil.com, tips dan cara memperbaiki radiator mobil bocor, radiator mobil bocor biasanya terjadi akibat umur kendaraan yang sudah tua atau tertabrak benda keras.

Tipe radiator yang sering saya lihat pada mobil-mobil sekarang ada dua yaitu tipe aluminium dengan plastik pada upper tank dan lower tank nya, kedua adiator yang menggunakan logam secara keseluruhan baik upper tank atau lower tanknya.Gambar radiator untuk mobil avanza

Bagian-bagian pada Radiator Mobil
Pada radiator mobil bisa dikelompokkan menjadi tiga bagian utama yaitu:
1. Upper tank, upper tank radiator adalah tangki bagian atas pada radiator, pada upper tank terdapat lubang untuk slang radiator tempat mengalirnya air panas dari mesin, pada upper tank juga terdapat tempat untuk tutup radiator.

Penempatan tutup radiator, selain berada pada upper tank radiator, tutup radiator juga ada yang ditaruh di tabung reservoir seperti halnya fortuner atau mobil eropa, tutup radiator juga ada ditempatkan terpisah dari radiator dan ditempatkan pada bagian tertinggi dari mesin kendaraan seperti Toyota New Vios 2007 contohnya atau Yaris.

2. Saluran Pembuang Panas, merupakan saluran saluran kecil untuk melepas panas air radiator dengan adanya hembusan angin dari kipas radiator.

3. Lower tank, lower tank pada radiator mobil adalah tangki air radiator dibagian bawah, dan terdapat lubang untuk saluran air menuju mesin setelah air didinginkan oleh radiator, pada lower tank terdapat lubang saluran pembuangan air radiator.

Memperbaiki Kebocoran Pada Radiator
Cara memperbaiki radiator bocor tergantung jenis dan tipe radiator yang ada di mobil kita.

Memperbaiki radiator bocor tipe plastik pada upper tank dan lower tanknya juga tergantung tingkat kebocorannya, kalau kebocoran pada upper tank masih kecil atau hanya sedikit retak  atau bocor pada sambungan upper tank dengan radiator, tidak sedikit juga saya temukan menutup kebocoran upper tank tersebut menggunakan lem araldite.Lem araldite untuk mengatasi radiator mobil bocor

Ada juga yang mengganti upper tank atau memodifikasi upper tank tersebut menggunakan bahan logam, tinggal bawa radiator ke tempat service radiator.

Kenapa upper tank yang banyak saya sebutkan diatas? Karena upper tank jauh lebih cepat bocor dari lower tank, mengingat upper tank langsung menerima air yang panas dari mesin. Berbeda dengan lower tank, kalau lower tank adalah menampung air yang telah didinginkan oleh kipas radiator.

Untuk tipe radiator yang keseluruhan bagian radiator terbuat bahan logam, jika terjadi kebocoran juga sering saya temukan dilas atau disolder ke tempat service radiator, karena ini memang cara yang murah dalam memperbaiki kebocoran radiator.gambar radiator pada mobil hartop

Perlu juga pertimbangkan untuk mengganti radiator baru jika memang kondisi sirip pendingin pada radiator banyak terdapat lubang bocor, semisal habis accident atau tabrakan.

Perlu diingat bahwasanya radiator adalah bagian penting dari mesin mobil agar mesin tidak terjadi temperatur tinggi, pilihlah yang terbaik untuk mobil Anda.

error: