Cara Kerja Sistem Rem Tromol

Cara kerja rem tromol mobilOtomotifmobil.com, artikel prinsip kerja rem tromol pada mobil.

Pengertian Rem Tromol Mobil

Apa itu rem tromol mobil? rem tromol mobil adalah sistem rem pada mobil yang menggunakan tromol atau drum brake untuk menghentikan laju kendaraan dan sekaligus berfungsi sebagai parking brake atau rem parkir.Gambar sistem rem tromol hidrolik mobil sedan new vios limoGambar diatas adalah gambar rem tromol yang sudah dibuka tromol dan hub roda nya pada mobil sedan.

Prinsip Kerja Rem Tromol atau Cara Kerja Rem Tromol Mobil

Prinsip kerja rem tromol adalah pertama, ketika kita menginjak pedal rem, piston silinder yang terdapat dalam silinder rem akan mendorong sepatu rem keluar dan menekan tromol/drum.

Kedua ketika menarik tuas rem tangan/Handrem, cable rem tangan akan mendorong kearah luar sepatu rem dan mengunci tromol agar tidak dapat bergerak.

Terdapat beberapa tipe rem tromol dan pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang sama yaitu ketika menginjak pedal rem atau menarik rem tangan maka sepatu rem akan bergesekan dengan tromol untuk menghentikan kendaraan.Gambar rem tromol pada roda belakang sedan  new vios limo 2007Antara sepatu rem dengan tromol terdapat jarak atau celah, berikut adalah dampak pada pengaturan celah tersebut, yaitu:

1. Jika celah atau jarak antara sepatu rem dengan tromol terlalu jauh akan mengakibatkan keterlambatan pengereman atau rem blong saat parkir, terutama parkir ditanjakan.

2. Jarak Rem Terlalu Rapat dapat menyebabkan rem macet atau rem mengunci dan terkadang roda belakang akan bunyi keras saat kendaraan jalan sehabis parkir atau setelah membebaskan hand rem.

3. Jika celah rem tromol tidak sama antara roda kiri dan kanan akan menyebabkan kendaraan tertarik kesatu arah.

Celah brake shoe (kampas rem tromol) terlalu rapat atau terlalu longgar dengan tromol rem bisa di lihat dengan banyaknya bunyi klik saat tuas hand rem ditarik, normalnya bunyi klik tuas hand rem saat kita tarik adalah antara 6 sampai 9 klik.

Semoga berguna.

error: