Radio Sony CDX-GT300MP/CDX-GT45U Tombol Tidak Berfungsi

Otomotifmobil.com – Cara memperbaiki radio mp3 merek sony cdx-gt300mp dan cdx-gt45u dengan kerusakan tombol tidak berfungsi atau beberapa tombol tidak bisa berfungsi atau tape tidak bisa dimatikan atau pun volume tidak berfungsi.Sony cdx-gt300mp dan cdx-gt45u
Tombol Tape Mobil Tidak Berfungsi
Dikatakan tape mobil sudah kurang tepat karena tidak menggunakan kaset tape lagi tetapi radio/mp3/wma atau usb, tapi mau gimana lagi lidah kita sudah terbiasa menyebut audio mobil yang digunakan untuk menyetel musik di mobil lebih akrab dibilang sebagai tape mobil.

Gejala atau Tanda-Tanda Kerusakan Tombol
Tombol radio/mp3/wma atau usb pada sony cdx-gt300mp ataupun cdx-gt45u tidak berfungsi dengan berbagai gejala atau ciri-ciri,yaitu;

1. Tape tidak bisa dimatikan atau tape tidak bisa dihidupkan jika ditekan tombol source.

2. Volume tidak bisa dibesarkan atau dikecilkan dengan normal, ini akan mengganggu sekali jika ada cd mp3 didalam tray karena suara tidak bisa dibesarkan dan dikecilkan selain itu ditambah kaset cd tidak bisa dikeluarkan.

Jika hal ini terjadi untuk mengecilkan suara atau volume tekan tombol eject atau tombol untuk keluar masuk cd bersamaan dengan memutar volume.
Sedangkan untuk mengeluarkan cd bisa dilakukan dengan membuka soket power suply dibelakang tape kemudian tancapkan soket power suply sambil menekan tombol keluar masuk kaset cd.

Jika hal ini terjadi yaitu point 1 dan 2 adalah kerusakan pada tombol source, dan bukan berarti tape tidak bisa hidup, cara untuk hidupkan dan mematikan tape jika hal ini terjadi adalah dengan menekan tombol eject atau menekan tombol untuk keluar masuk kaset cd. Itu beberapa hal yang sudah saya coba tentunya.

3. Pemutar volume sama sekali tidak berfungsi serta tombol pencari gelombang radio(tommbol seek+ dan seek-) tidak berfungsi. Ini adalah kerusakan pada tombol seek+ atau seek-, tetapi tape masih bisa hidup ON dan Off.

Cara Memperbaiki Kerusakan Tombol Tidak Berfungsi
Untuk memperbaiki tombol tidak berfungsi pada Radio Sony CDX-GT300MP atau Sony CDX-GT45u ada dua alternatif, sambil lihat gambar dibawah ini adalah tombol tombol pada Sony CDX-GT300MP.
tombol sony cdx gt300mp macet
1. Alternatif pertama adalah mengganti tombol rusak dengan tombol lain yang fungsinya tidak penting.
2. Cara kedua adalah dengan memperbaiki tombol yang rusak, bagaimana cara memperbaiki tombol yang rusak tersebut dan rusaknya karena apa?

Berikut adalah cara mengatasi kerusakan pada tombol radio tape mobil merk sony tersebut:

1. Ukur menggunaan avometer pilih ke Ohm meter, kemudian ukur nilai tahanan pada tombol tombol yang ada terutama tombol yang sering dipakai yaitu tombol source(on/off), tombol seek+ dan tombol seek- pada saat tidak ditekan. Kerusakan pada tombol tersebut terjadi karena short akibat terdapat butiran logam yang menghubungkan kaki tombol.

Butir logam tersebut berasal dari kontak tombol karena keseringan ditekan, sama seperti kontak saklar biasanya akan kita temukan juga guguran logam akibat keausan saklar tersebut.

Ini diketahui saat tombol yang short tersebut dibuka, karena biasanya kerusakan tombol karena tombol macet dengan tanda saat ditekan tombol tidak kembali. Tetapi dalam kasus ini tombol terasa normal saat ditekan dan tidak ada gejala macet.
Gambar tombol radio mobil sony cdx-gt45u usb
Gambar diatas adalah Tombol Pada Radio Sony CDX-GT45U

2. Setelah diketahui tombol mana yang short atau konslet menggunakan avometer, sekarang adalah cara memperbaiki kerusakan tombol tersebut, yaitu dengan memanaskan timah pada kedua kaki tombol yang konslet dengan ujung solder yang panas, jika tidak berhasil saat memanaskan kaki kaki tombol tersebut ditambah sambil menekan tombol. Kebanyakan cara yang saya lakukan ini berhasil untuk mengatasi tombol short atau tombol yang tidak berfungsi tersebut.

Semoga bermanfaat.

error: