Cara Mengatasi Rem Cakram Yang Macet

Otomotifmobil.com, sebelum kita tahu bagaimana cara mengatasi rem cakram mobil yang macet, ada baiknya perlu kita tahu apa penyebab rem cakram mobil tersebut macet.

Penyebab Rem Cakram Mobil Macet
Ada tiga penyebab utama rem cakram mobil macet yang selama ini saya amati, yaitu
1. Piston rem macet akibat korosi
2. Pen Caliper Rem Macet
3. Kampas rem habis

Cara Mengatasi Rem Cakram Mobil Macet
Berikut adalah cara mengatasi rem cakram mobil macet berdasarkan penyebabnya.
1. Piston Rem Macet
Piston rem macet biasanya terjadi akibat karat atau korosi yang terdaat pada dinding piston dan silinder, tetapi hal ini bisa dicegah jika kendaraan rajin servis mengikuti km tempuh mobil, karena saat service tersebut sistem rem akan diperiksa termasuk penggantian minyak rem tentunya.

Untuk contoh jelas bagaimana piston rem macet akibat korosi atau karatan sudah saya tulis beserta cara mengatasinya silakan lihat di Artikel piston rem cakram macet.

2. Pen Caliper Rem Macet
Fungsi pen caliper adalah agar caliper rem bisa bergerak maju mundur saat dilakukan pengereman, jika pen caliper macet akibat yang ditimbulkan adalah salah satu kampas rem akan lebih cepat habis, habis nya kampas rem ini jika tidak kita sadari akan menyebabkan logam kampas rem bergesekan dengan logam piringan cakram, dan jika dipaksaan terus rem akan macet bahkan sampai rem berasap.
Gambar salah satu kampas rem habis akibat pen caliper macet
Cara mengatasi pen caliper rem macet, pen caliper harus dibuka dan dibersihkan dari karatan.
Pen caliper rem tidak boleh macet
Penyebab pen caliper macet biasanya karena grease yang terdapat pada pen caliper kering atau karet boot pen caliper robek, sehingga kotoran atau debu masuk kedalam pen caliper.

3. Rem Cakram Macet Akibat Kampas Rem Habis
Ini berhubungan dengan point nomor dua diatas, jika kampas rem habis sampai logam kampas rem bersentuhan langsung dengan piringan cakram atau bahkan rem sampai keluar asap, hal ini mengakibatkan cakram rem akan rusak dan kalau masih memungkinkan bisa di bubut permukaan disc rem tersebut, tetapi jika tidak memungkinkan harus diganti dengan disc atau piringan cakram yang baru.

error: