Rem Cakram Lengket Pada Roda Belakang Mobil Mazda Interplay 323

Rem cakram lengket atau rem mobil macet – Otomotifmobil.com, rem cakram pada roda belakang mazda interplay 323 ini macet atau lengket karena korosi atau karat yang menyebabkan piston rem tidak bisa bergerak.

Rem belakang pada mobil mazda interplay 323 menggunakan piringan cakram tanpa sepatu rem atau tidak terdapat rem tromol dan pengereman saat parkir atau saat menarik tuas hand rem yang menjepit piringan rem adalah kampas rem ckram tersebut.

Berikut adalah gambar mekanisme rem cakram pada roda belakang mazda interplay 323.
Gambar sistim rem cakram roda belakang pada mobil mazda interplay 323
Cara Memperbaiki Rem Cakram Belakang Mazda Interplay 323 Macet
1. Buka Roda belakang, jangan lupa dongkrak dengan posisi mobil rata, bila perlu ganjal roda depan atau masukan gigi satu.
2. Buka baut 12 pemegang rumah caliper rem, lihat gambar diatas.
3. Buka kampas rem, tinggal ditarik kesamping.Buka karet boot piston rem cakram
4. Buka karet boot piston caliper dan kancingan kawat untuk karet boot piston rem.Korosi atau karat penyebab rem cakram macet atau lengket
5. Bersihkan korosi dengan anti karat, bisa wd 40 atau mr Bolt atau merek lainnya.Gambar cara mengeluarkan piston rem cakram
6. Keluarkan piston dengan menginjak pedal rem beberapa kali hingga piston rem keluar, saat piston rem keluar minyak rem akan tumpah, karena itu siapkan wadah plastik dibawahnya.
7. Bersihkan piston rem, hilangkan karat yang menempel pada piston dengan amplas halus dan anti karat.Bersihkan bagian silinder pada caliper rem
8. Bersihkan silinder tempat kaliper rem dan buka seal didalam silinder, karena kemungkinan seal ini terdorong oleh karat yang berada dibagian dalam sehingga piston seret atau lengket.
9 . Setelah semua bersih, pasang kembali seal dan piston caliper, jangan lupa beri sedikit saja pelumasan. Grease atau sedikit pelumas ini tidak akan masuk ke dalam silinder karena tertahan oleh seal pada silinder.

Cara Pasang Piston Caliper RemCara pasang piston rem cakram belakang mobil mazda interplay 323
Untuk memasang piston rem atau memasukan piston caliper ke dalam silinder, karena didalam silinder terdapat alur untuk handrem, maka cara memasukan piston adalah dengan cara diputar searah jarum jam.

Kalau masih terasa keras saat mendorong piston rem, berarti karat yang berada dibawah seal belum bersih, karena seharusnya tidaklah terlalu keras, sewaktu mendorong untuk memasukan piston rem.

Dorong piston rem sampai setengah masuk, pasang karet boot piston dan kancing kawatnya, putar lagi sampai dalam, dan posisi terakhir piston harus sesuai dengan gambar terakhir diatas agar kampas rem duduk dengan sempurna mencegah kampas rem termakannya miring.
Kampas rem cakram miring
Terakhir setelah dipasang semua komponen rem cakram belakang tersebut pada tempatnya adalah isi minyak rem pada tabung reservoir dan bleeding minyak rem agar udara didalam sistem rem hilang.

You might also like

error: