Mobil Mogok Karena Minyak Kopling Bocor

Otomotifmobil.com, mobil mogok karena gigi persneling tidak bisa masuk yang disebabkan masalah minyak kopling rembes atau bocor.

Pada mobil transmisi manual masalah kopling bisa menyebabkan gigi transmisi atau gigi persneling tidak bisa masuk atau susah masuk.

Minyak kopling bocor ini terjadi pada slang flexible minyak kopling pada mobil lawas Mazda Interplay 323, karena umur tentunya.
Selang fleksibel minyak kopling mobil
Gambar diatas adalah slang feksibel minyak kopling terlihat rembesan oleh minyak kopling yang menyebabkan gigi persneleng kadang-kadang tidak mau masuk.

Gejala Minyak kopling bocor ini berbeda dengan minyak kopling habis tentunya, jika minyak kopling bocor sampai habis dari reservoir akan mengakibatkan pedal kopling terasa ringan dan gigi transmisi tidak akan bisa masuk saat mesin hidup.

Tetapi lain halnya saat minyak kopling rembes tetapi tidak sampai habis minyak kopling di tabung reservoir, gigi tetap bisa masuk tetapi masalah kopling akan muncul kadang-kadang seperti contoh saat mobil nanjak sambil pindah gigi, saat mobil berhenti di lampu merah.

Hal diatas karena saat injak pedal kopling, kopling membebaskan transmisi dengan mesin tetapi beberapa detik kemudian tekanan minyak kopling berkurang akibat bocor tersebut dan kopling terhubung kembali ke mesin dengan sendirinya meskipun pedal kopling masih diinjak dan saat itulah perpindahan gigi susah masuknya.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti spare part kopling yang bocor tersebut, diantaranya yang perlu dilihat secara fisik pada bagian mana yang bocor, apakah master kopling atas, master kopling bawah ataukah slang minyak kopling.
Ganti selang fleksibel minyak kopling mazda interplay 323
Gambar diatas adalah gambar slang flexible minyak kopling yang sudah diganti dengan yang baru.

Semoga bermanfaat.

error: