Mengetahui Urutan Kaki Pada Bohlam H4 Halogen

Bohlam H4 atau Lampu H4Otomotifmobil.com, lampu halogen h4 adalah bohlam yang umumnya digunakan untuk lampu depan mobil.

Bohlam h4 memiliki 3 kaki dan 2 filamen yang masing-masing adalah untuk lampu atas (lampu dim) dan lampu bawah.

Berikut adalah Gambar filamen lampu atas dan lampu bawah pada bohlam lampu halogen H4
Gambar Bohlam H4 Osram Biluk
Dimana toko tempat jual bohlam h4 dan berapa harga bohlam halogen h4 ini?

Bohlam h4 banyak dijual di toko alat-alat mobil atau toko spare part mobil, harga lampu h4 berkisar antara Rp.25 ribu sampai Rp.40 ribu perbuah.

Tips Memilih Bohlam Halogen H4 untuk Lampu Mobil
1. Apa merek bohlam h4 yang paling terang? Tentu saja untuk bohlam h4 yang paling terang adalah yang memiliki watt besar, tetapi perlu kita ingat sebelum membeli bohlam h4 dengan watt besar adalah pertimbangkan panas yang akan diakibatkan, apakah itu soket lampu atau rumah lampu h4 itu sendiri atau pun saklar lampu.

Tetapi jika memang akan menggunakan bohlam halogen H4 dengan ukuran watt yang besar,misalnya ukuran 90/100 watt, saya sarankan menggunakan relay lampu mobil.

2. Pilih saja ukuran bohlam standar bawaan mobil, yang biasanya memiliki ukuran daya 55 watt dan 60 watt, ukuran watt 55/60 watt ini yang umumnya dipakai untuk mobil dan itu pun sudah cukup terang.

Kembali kejudul artikel tentang urutan kaki pada bohlam halogen H4 atau fungsi kaki pada bohlam h4 tersebut silakan lihat gambar dibawah ini.
Urutan atau Fungsi kaki pada bohlam h4
Kaki 1 adalah Common
Kaki 2 adalah Lampu Dekat
kaki 3 adalah Lampu Jauh

Positif Negatif Pada Lampu Halogen H4
Kaki positif dan negatif pada sistem rangkaian lampu h4 atau lampu depan mobil beragam sesuai rangkaian kelistrikan lampu yang digunakan.

Pada kebanyakan mobil toyota kaki Common terhubung langsung dengan B+ atau positif aki melalui Relay Headlamp dan kedua kaki yang lain terhubung dengan switch lampu, dari switch headlamp kemudian ke ground/massa.

Atau dengan rangkaian sebaliknya, yaitu pada kaki no 1 tersambung ke negatif aki atau ke massa, kaki 2 dan 3 masing-masing adalah positif untuk lampu bawah dan lampu atas, ini tergantung dari rangkaian lampu yang digunakan.  Atau tergantung dari cara kita merangkai rangkaian lampu tersebut jika menggunakan relay.

error: