Cara Mengatasi Selang Radiator Bocor

Mengatasi selang radiator bocor pada mobil – Otomotifmobil.com, Selang radiator mobil bocor secara umum memang faktor kilometer tempuh mobil atau usia mobil.

Penyebab Selang Radiator Bocor dan cara mengatasi selang Radiator Bocor
1. Penyebab selang radiator bocor yang pertama adalah karena Klem slang radiator sudah tidak menjepit dengan kuat atau longgar.

Tanda atau ciri-ciri klem slang radiator longgar biasanya air radiator menetes dari sambungan selang ke radiator. Cara mengatasinya untuk kasus diatas adalah dengan mengencangkan klem selang radiator, itu kalau memungkinkan. Tetapi jika klem selang radiator sudah rusak harus diganti dengan klem selang radiator baru.

Banyak model klem selang radiator, biasanya ditoko spare part kita diberi klem selang radiator yang terdapat baut pegencangnya.

Tetapi tidak jarang juga saya temui pada sambungan selang radiator dengan radiator diberikan silikon red atau ThreeBond.
Gambar sambungan selag pada sistem pendingin radiator
2. Penyebab selang radiator bocor kedua adalah karena sambungan selang radiator yang kemesin keropos sehingga selang radiator tidak menutup dengan sempurna meski klem selang radiator sudah kencang maksimal.

Cara megatasi jika hal diatas terjadi adalah dengan mengganti rumah termostat ataupun water inlet. Selain mengganti juga bisa dengan melapisi secukupya pada rumah thermostat atau pada saluran air menuju radiator dan saluran air di mesin yang dari selang radiator dengan cara memberi silikon red atau threebond secukupnya saja tidak perlu berlebihan, karena threebond atau silikon red tersebut jika berlebihan bisa masuk ke radiator.

Biasanya yang suka keropos adalah pada rumah thermostat atau saluran air dari mesin ke radiator atau pun sebaliknya jika terbuat dari bahan logam aluminium, ini kembali pada usia mobil.
Pipa salura air ke radiator kropos pada mesin mobil
3. Penyebab ketiga selang radiator adalah bocor karena selang tersebut pecah atau meledak. Contoh kasusnya sudah saya tulis silakan lihat artikel dan gambarnya di Artikel Selang Radiator Meledak/Pecah atau sobek. Untuk kasus seperti ini haruslah diganti selang radiator yang pecah terebut.

Tips dan cara mengatasi selang radiator bocor di atas tidak hanya terbatas pada selang radiator, tetapi selang-selang yang lain seperti selang baypass atau slang buntu atau selang heater, dimana semua slang tersebut berhubungan dengan air coolant untuk pendingin mesin mobil.

error: