Gambar Cara Pasang Aki Secara Seri dan Paralel

Otomotifmobil.com – Cara pemasangan aki secara seri dan paralel, pada dasarnya pada mobil menggunakan sumber listik dengan arus dc yang dihasilkan alternator dan ditampung oleh aki muatan listik dari alternator tersebut.

Rangkaian listrik terdiri dari rangkaian seri, paralel dan gabungan seri paralel, pada kendaraan yang paling banyak digunakan adalah rangkaian seri dan paralel.

Cara Menyambung Aki Secara Seri

Berikut adalah gambar cara aki dirangkai secara seri
Gambar rangkaian aki secara seri
Jika beberapa aki atau battray dihubungkan secara seri seperti terlihat gambar diatas, maka total jumlah nilai voltage adalah hasil penjumlahan nilai voltage masing-masing battray atau aki.

Seperti contoh diatas adalah 1,5 volt + 1,5 volt + 1,5 volt + 1,5 volt adalah 6 volt adalah tegangan total baterai 1,5 volt yang disambung seri sebanyak 4 buah.

Dan 2 aki yang masing-masing memiliki tegangan 12 volt dirangkai secara seri, maka hasil out put tegangan total adalah menjadi 24 volt atau untuk mendapatkan tegangan 24 volt pada rangkaian battery 12 volt adalah menyambungnya secara seri sebanyak 2 buah aki/battery.

Pada rangkaian seri memiliki tegangan lebih besar tetapi memiliki kapasitas arus yang sama dengan satu battray atau kapasitas arus listik sama dengan kapasitas arus satu aki.

Cara Sambung Aki Secara Paralel atau Pasang Aki Paralel

Berikut adalah gambar cara merangkai aki secara paralel, cara paralel aki baik aki mobil  atau motor atau cara menghubungkan aki secara paralel.
Gambar merangkai aki atau menyambung aki secara paallelPada gambar rangkaian paralel aki diatas, jika beberapa aki memiliki tegangan atau punya voltage yang sama dihubungkan secara paralel, maka tegangan yang dikeluarkan adalah sama dengan tegangan satu aki, tetapi memiliki kapasitas arus listrik berlipat ganda sesuai jumlah banyaknya aki yang digabung secara paralel tersebut.

Jadi kelebihan paralel aki adalah kita mendapatkan jumlah kapasitas arus listrik yang tersedia lebih banyak, ini contoh saja yang mudah dipahami, ketika menggunakan inverter untuk penerangan listrik rumah atau menyalakan lampu. Jika kita gunakan satu aki,setrum aki akan habis dalam 2 jam, tetapi dengan menambah lagi aki satu dan dipasang secara paralel, maka setrum aki bisa habis dalam waktu 4 jam, itu gambaran mudahnya.

Cara menggabungkan aki secara paralel adalah terminal aki bagian positif dihubungkan dengan terminal positif aki yang lain dan terminal negatif disambung atau digabung dengan terminal negatif.

error: