Cara Mencegah dan Tips Mengatasi Selang Radiator Pecah Saat Mudik

Selang Radiator Pecah atau BocorOtomotifmobil.com, Selang radiator pecah saat perjalanan mudik tidak perlu panik, silakan simak tips cara mencegah dan tips atasi selang radiator pecah diperjalanan. Perlu kita tahu bahwa akibat slang radiator bocor atau pecah sehingga air radiator habis, jika mesin dipaksakan jalan akan menyebabkan temperatur mesin naik dan mesin mati secara tiba-tiba atau mesin mrebet terlebih dahulu kemudian mesin mati.

Selang radiator pecah biasanya terjadi karena faktor usia mobil, umur selang radiator lumayan lama ada mobil sampai umur lima tahun tidak ada masalah dengan selang radiator yang digunakan dengan catatan mesin tidak pernah overheat.

Setelah umur mobil diatas lima tahun perlu mendapat perhatian khusus selang radiator yang digunakan, dibawah ini adalah contoh mobil exs taksi pecah selang radiator setelah berumur lebih dari delapan tahun.gambar selang radiator mobil pecah
Pada gambar diatas selang radiator atas pecah terlebih dahulu karena selang radiator atas ini langsung menerima panas dari air coolant mesin, sedangkan selang radiator bawah adalah mengalirkan air panas yang sudah didinginkan oleh radiator.

Cara Mencegah Selang Radiator Pecah Saat Perjalanan atau Saat Mudik
1. Bawa mobil ke bengkel untuk service persiapan mudik, pastikan memompa air radiator pada tekanan diatas tekanan tutup radiator dan pastikan tidak ada kebocoran. Lihat gambar cara memeriksa kebocoran pada sistem pendingin mesin.

2. Ganti selang radiator jika sudah terlihat kembung atau saat selang radiator ditekan menggunakan tangan terasa ada pecah dari dalam selang atau bunyi krek-krek saat selang dipencet-pencet dengan tangan.

Tips Jika Selang radiator Pecah di perjalanan Saat Mobil dibawa Mudik
1.Jika selang radiator pecah saat perjalanan sudah jelas air radiator akan tumpah atau terbuang, maka secara otomatis dalam air radiator tidak ada tekanan, jadi saya kira aman untuk membuka tutup radiator.

Cara membuka tutup radiator : putar tutup radiator pelan-pelan berlawanan arah jarum jam, sampai terdengar bunyi mendesis jika air radiator memang masih bertekanan dan tahan pada posisi itu sampai suara mendesis hilang, jika suara mendesis sudah hilang berarti cukup aman untuk melanjutkan memutar tutup radiator hingga terbuka.

Tetapi jika khawatir terkena semburan air panas radiator lebih baik ditunggu sampai mesin dingin sekitar 30 menit, lebih aman lagi gunakan lap basah yang lebar dan tebal untuk buka tutup radiator secara pelan-pelan berlawanan arah jarum jam, putar tutup radiator seperempat putaran kalau terdengar bunyi air mendidih keluar, tahan pada posisi tersebut sampai suara mendesis hilang, kemudian buka penuh tutup radiator.

2. Cari isolasi besar atau lakban untuk membungkus sementara selang radiator pecah tersebut, tentu saja ini juga terbatas pada posisi selang yang pecah, jika selang radiator yang pecah posisinya sulit dijangkau juga akan menjadi masalah tersendiri.

3. Tunggu mesin dingin, beli air botol ukuran besar, isi air radiator, pasang tutup radiator tetapi dengan cara membuka vacuum valve yang ada ditutup radiator, lihat gambar dibawah.Ganjal vacuum pada tutup radiator Mengganjal vacuum valve ini bertujuan agar tidak ada tekanan pada air radiator saat air radiator panas dan air radiator akan menuju langsung ke tabung air cadangan radiator ketika air memuai karena panas, kemudian jalankan mobil pelan-pelan sambil melihat amper panas mobil atau indikator panas mobil.

Berhentikan mobil dan mesin dimatikan, setiap kali indikator panas mulai kedip-kedip atau amper panas mobil mulai naik dari normal. Kemudian tunnggu dingin mesin, isi lagi air radiator, jalankan mobil, ulangi terus sampai bertemu bengkel terdekat untuk perbaikan atau service.

Sedikit cerita secara kebetulan saat artikel menegah dan tips atasi selang radiator pecah ini masih berupa rancangan, tadi siang ketemu sama mobil yang hilang tutup radiator karena jatuh dan pengemudinya mengganti tutup radiator untuk sementara waktu menggunakan tutup botol mineral, tentu saja tetap sambil memperhatikan indikator temperatur mobil di panel speedometer sambil jalan hingga mobil sampai kebengkel untuk ganti tutup radiator.

Catatan : Memaksa mesin jalan saat amper panas mobil naik akan beresiko, yaitu silinder head bengkok, packing silinder head rusak, air akan campur oli dengan tandanya oli akan terlihat keputihan seperti susu coklat dan kompresi mesin akan bocor.

Yang terpenting adalah mencegah dari pada mengobati, terima kasih semoga bermanfaat.

error: