Penyebab Mesin Mobil Mati Jika Ac Nyala

Otomotifmobil.comMengetahui apa penyebab mesin mobil mati saat ac mobil diyalakan atau mesin mati ketika ac mobil dihidupkan ataupun penyebab rpm turun saat ac dinyalakan.

Ac mobil, termasuk putaran kompresor ac yang berputar bersama mesin adalah beban mesin, sebagai contoh saat mengetahui beban mesin ( Load Engine) dengan scaner efi, saat mesin idle beban mesin berkisar 18 persen, tetapi sewaktu ac dihidupkan beban mesin naik menjadi sekitar 26-28 persen. Belum lagi beban listrik untuk kelistrikan ac termasuk blower, clutch compresor dan extra fan yang memerlukan listrik, itu juga termasuk beban alternator yang berputar bersama mesin.

Perbedaan arus listrik yang dikeluarkan Alternator bisa dengan mudah dibaca menggunakan amperemeter (lihat cara baca arus listrik alterator mobil), pemakaian arus listrik saat ac nyala dan ac mobil mati bisa dua kali lipat dari penggunaan arus listrik saat mesin hidup tanpa nyala ac, contoh saja saat ac mobil mati arus listrik alternator terbaca sekitar 10-14 ampere,tetapi sewaktu ac dinyalakan beban arus listrik bertambah mejadi sekitar 24 sampai 28 ampere, contoh ini diambil pada mesin 1NZ-FE.

Ac mobil nyala adalah beban mesin seperti uraian diatas, karena itu jika mesin tidak dilengkapi sistem idle up akan terjadi kecenderungan rpm mesin jatuh atau rpm turun saat hidup ac bahkan mesin bisa mati. Oleh sebab itu diperlukan idle up untuk ac mobil, untuk menaikan rpm mesin saat ac mobil dinyalakan.

Jadi salah satu penyebab kenapa mesin mobil mati saat ac nyala adalah:
1. Karena idle up ac mobil tidak bekerja atau tidak berfungsi, dan
2. Penyebab mobil mati saat ac nyala adalah kompresor ac macet.

Silakan lihat juga Mesin Mati Saat Ac Nyala Karena Timing Mesin Tidak Tepat

Berapa rpm normal untuk mobil saat idle? Rpm normal untuk mesin mobil saat idle adalah berkisar diantara 600 rpm hingga 850 rpm, beberapa kendaraan memiliki semacam sistem proteksi jika rpm idle kurang dari 650 rpm, maka ac mobil tidak akan bisa nyala.

Untuk Mengatur Idle up Ac Mobil

1. Pada Mobil Karburator
Untuk mengatur idle up ac mobil pada mesin yang menggunakan karburator biasanya menggunakan selenoid valve, selenoid valve ini bekerja untuk menghubungkan slang vacum dari intake manipol dengan mekanikal vacuum untuk mendorong sedikit katup gas agar terbuka sedikit sewaktu ac nyala untuk menaikan rpm mesin.
solenoid valve idle up ac
2. Pada Mobil Injeksi
Pengaturan idle up pada mobil injeksi, dilakukan oleh ISC (Idle Speed Control) untuk mobil efi yang masih meggunakan ISC seperti contoh Honda Jazz 2005, avanza xenia, timor DOHC EFi, Vios Limo tahun 2005.Posisi ISC Honda Jazz 2004 Seperti terlihat gambar dibawah ini adalah ISC tipe Rotari Vios Limo 2005 yang kotor sehingga rotari tidak bisa berputar atau macet yang efeknya adalah rpm turun saat ac hidup dan mesin bergetar keras.
ISC rotari VIOS LIMO 2005
Dan kedua pengaturan idle up ac mobil oleh Motor Control Throttle Valve jika mesin sudah menggunaka ETCS seperti halnya Kijang Innova Bensin, Honda Jass RS 2009, New Vios, New Limo,Yaris dan masih banyak lagi. Silakan lihat juga Mengatasi RPM Mesin Turun saat Ac nyala pada Honda Jazz.

Cara mengatasi mesin mobil mati saat ac nyala tentu saja saya tetap menyarankan bawa ke bengkel kepercayaan Anda ada pun tulisan ini adalah untuk bahan referensi agar setidaknya kita tahu apa yang terjadi dan menjadi penyebab masalah ac atau mesin mobil Anda, terima kasih.

Update:
Saya tambahkan yang kebetulan beberapa waktu lalu saya menemukan mesin mobil mati saat ac dinyalakan akibat salah menggunakan relay, lihat artikelnya DISINI.

You might also like

error: