Cara Ganti Aki Mobil

Otomotifmobil.com – Cara ganti aki mobil atau langkah mengganti aki mobil, menganti aki mobil jika memang dengan pertimbangan aki sudah soak, aki sudah tidak kuat starter atau setiap pagi setiap kali starter terdengar suara starter lemah, atau terdengar suata tek tek tek yang cepat.

Mengganti aki mobil bisa dilakukan dengan mudah, kita tinggal siapkan aki yang sama ukurannya dengan ukuran aki yang lama, banyak pilihan aki di toko aki, mulai aki basah, aki hybrid atau aki MF tanpa perawatan. Biasanya toko aki pun menyiapkan jasa untuk pemasangan aki jadi tidak perlu repot untuk ganti aki mobil sendiri.
Aki Mobil Avanza XeniaCara mengganti aki mobil Sendiri, jika mobil tidak bisa distarter dan mobil berada digarasi, tetapi perlu hati-hati saat ganti aki mobil sendiri, jangan sampai terminal aki terbalik, untuk akibat salah pasang aki silakan lihat Pengaruh Salah Pasang Kutub Aki.

Berikut Cara Ganti aki mobil:

1. Siapkan aki baru, pastikan muatan listrik aki tersebut sudah penuh, tetapi pada kebanyakan aki setelah diisi dengan air zuur, aki langsung bisa digunakanm tetapi sebaiknya setelah isi air zuur diamkan aki beberapa menit kira-kira 15 sampai 30 menit.

2. Sebelum melepas terminal aki, OFF kan kunci kontak terlebih dahulu terutama mobil dengan kontrol ECU, setelah itu buka terminal aki NEGATIF dan Positif berurutan, saat pasang kembali Positif lebih dulu dipasang kemudian Negatif, berikut adalah gambar cara melepas dan memasang aki mobil.Gambar cara melepas dan memasang aki mobil Biasanya setelah ganti aki atau setelah melepas terminal aki, jam dashboard dan memory audio akan ikut tereset, kita perlu setel ulang jam dashboard dan radio tape.

3. Untuk beberapa mobil biasanya setelah ganti aki timbul masalah baru diantaranya rpm turun, seperti artikel RPM turun Setelah Penggantian Aki. Rpm mesin terlalu rendah dibawah 500 rpmCara Mengganti aki untuk hindari hal diatas terjadi adalah Ganti Aki pada posisi mesin hidup, siapkan aki baru, lepas kedua terminal aki lama dengan hati hati, lihat gambar berikut ini.Gambar cara ganti aki sambil mesin hidup Kemudian turunkan aki lama dengan posisi mesin tetap hidup sambil memegang terminal positif aki agar tidak bersentuhan dengan bagian lain di mesin, kemudian pasang aki yang baru.
Throttle body kotorPerlu kita tahu apa sebenarnya penyebab rpm turun atau rpm mesin terlalu rendah setelah ganti aki tersebut, penyebabnya cukup sederhana karena kondisi throttle valve atau katup gas yang terletak di dalam throttle body kotor, dengan membersihkan thottle body masalah rpm turun setelah ganti aki pun sudah teratasi (Lihat Cara Bersihkan TB ).

error: