Rem Cakram Bunyi Mendecit Setelah Ganti Kampas Rem

Otomotifmobil.com – Rem cakram mobil keluar bunyi mendecit setelah ganti kampas rem. Tentu saja hal tersebut diatas pernah Anda temui juga, setelah kampas rem diganti selang waktu satu hari atau beberapa puluh kilometer rem cakram depan bunyi berdecit saat ngerem. Bunyi mendecit tersebut terjadi saat melakukan pengereman yang wajar.

Sebetulnya apa penyebab rem bunyi mendecit atau mencicit yang terjadi pada rem cakram depan mobil tersebut?

Bunyi rem cakram mendecit setelah penggantian kanvas rem (Lihat Cara Ganti Kampas Rem Cakram Mobil) atau brake pads ini terjadi akibat permukaan disc brake atau piringan cakram yang tidak rata, terutama pada sisi luar dan dalam. Sehingga bagian yang permukaan lebih tinggi pada disc brake (piringan cakram) bersentuhan terlebih dahulu dengan bagian tepi kampas pada rem, saat menginjak pedal rem tidak terlalu kuat atau saat memulai pengereman.
Bagian penyebab rem cakram bunyi setelah ganti kampas rem
Semakin lama pada bagian tepi kampas rem akan mengkilap dan menghasilkan bunyi, itulah sebabnya bunyi mendecit ini tidak langsung terdengar saat baru mengganti kampas rem, tetapi setelah mobil jalan lama mungkin satu hari atau beberapa puluh kilometer.

Cara Mengatasi atau Mencegah Rem Bunyi Mendecit setelah penggantian kampas rem
1. Meratakan permukaan disc brake dengan cara membubut agar permukaan disc brake kembali rata.

Membubut rem cakram mobil
Gambar cara meratakan permukaan piringan rem cakram tidak rata

2. Jika permukaan piringan cakram rata, tetapi pada sisi tepi luar dan dalam permukaannya lebih tinggi sedikit meski hanya 2/10 mm (lihat gambar pertama diatas), Cara mengatasi tanpa membubut disc brake adalah dengan membuat tirus pada kampas rem, baik sisi luar atau dalam pada tiap-tiap kampas rem yang baru.
Buatkan tirusan pada sisi tepi kampas rem baru
Cara membuat tirus pada kampas rem juga cukup mudah, alat yang diperlukan hanya amplas kasar.

Tujuan membuatkan tirus pada sisi tepi kampas rem adalah agar bagian tepi piringan rem cakram pada gambar pertama diatas yang permukaannya lebih tinggi sedikit tersebut, tidak bersentuhan dengan tepi kampas rem saat memulai pengereman.

You might also like

error: