Posisi atau Letak Sekring Kipas Radiator Avanza

Otomotifmobil.com – Sesuai judul artikel mengetahui posisi atau letak sekring kipas radiator mobil Toyota Avanza.

Sebelumnya perlu kita tahu tentang fungsi sekring pada mobil yaitu untuk menghentikan arus listrik jika terjadi konslet, jadi sekring sangat vital peruntukannya agar tidak terjadi kebakaran di mobil.

Ada bermacam bentuk sekring mobil, mulai yang berbentuk bundar, gepeng, kotak, atau sambungan semacam plat. Sekring mobil biasanya ditempatkan di dalam satu kotak yang disebut sebagai rumah sekring, fuse box atau junction block.

Tempat rumah sekring atau kita ada yang menyebutnya sikring, juga beragam ada yang ditaruh di bawah setir atau di dalam dasboard sebelah kiri, dasboard sebelah kanan atau diruang mesin, tergantung peruntukannya.

Sesuai judul artikel tentang posisi sekring kipas radiator avanza, berikut adalah gambar letak sekring kipas radiator Avanza.
Sekring mobil Avanza di ruang mesin
Sekring kipas radiator Avanza terletak dirumah sekring atau fuse block diruang mesin sebelah kanan, pada gambar diatas sekring untuk fan radiator adalah sekring kotak ukuran 30 Amper warna merah muda disamping relay Headlamp (Relay Warna Abu-abu) dengan tulisan R/Fan atau Radiator Fan,kalau dilihat secara fisiknya, dan yang berhubungan dengan sikring kipas radiator atau R/Fan adalah R/Fan Relay. R/Fan Relay adalah Relay Kipas Radiator Avanza(Relay Warna Biru). Gambar secara fisiknya silakan lihat di bawah.

Biasanya kalau kita menanyakan dimana letak sekring mobil, dalam hal ini adalah dimana tempat sekring kipas radiator Avanza, kemungkinan kipas radiator mati atau tidak berputar, karena itu silakan lihat artikel kipas Radiator Mati.Nama Relay dan Sekring pada Avanza Xenia Di Ruang MesinBerikut Fungsi Nama Sekring dan Relay Avanza yang terdapat pada Gambar diatas:
1. R/Fan adalah Sekring Radiator Fan/ Kipas radiator
2. BLR 40 Amper adalah Sekring Blower Ac Avanza (Arus Besar)
3. MGC Relay adalah Relay Magnetic Clutch Ac atau relay ac untuk kompresor ac mobil.
4. HORN Relay adalah Relay Klakson atau Relay Bel
5. R/Fan Relay adalah relay Kipas radiator
6. 40 A IG1 adalah Sekring Pengapian Avanza (Arus Besar)
7. Head Relay adalah Relay Lampu Depan/Headlight
8. 40 A ABS adalah Sekring untuk ABS
9. Sekring HLP-LH dan HLP-RH adalah sekring lampu depan avanza/xenia silakan lihat pada gambar letak sekring lampu depan avanza/xenia yang saya tulis dengan nama fuse headlamp.
10. Sekring Tail adalah untuk sekring lampu kecil atau lampu kota.
Semua nama-nama sekring yang lain bisa dilihat didalam tutup sekring.

error: