Perbedaan Antara Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Otomotifmobil.com – Apa beda antara mobil bensin dengan mobil bermesin diesel atau perbedaan mesin diesel dengan mesin bensin.

Garis besar tentang mesin bensin pada mobil

Pada mesin bensin, pencampuran udara-bahan bakar, dilakukan didalam mesin dan campuran bahan bakar tersebut diledakkan atau dibakar didalam mesin, tenaga hasil pembakaran ini dirubah menjadi gerakan rotasi atau gerakan berputar untuk menggerakan kendaraan. Lebih detail silakan lihat Cara Kerja Mesin Mobil.

Untuk pengoperasian mesin bensin, berbagai macam sistem disediakan sebagai tambahan bagi mesin itu sendiri, seperti kita mengenal karburator atau injeksi dari segi bahan bakar, kita mengenal juga sistem pengapian konvensional, DLI (Distributor Less Ignition) ataupun Direct Ignition dari segi pengapian mesin bensin. Pada mesin itu sendiri kita juga mengenal yang namanya i-DSI, i-vtec, VVT dan VVT-i, yang kesemua sistem tambahan tersebut dipergunakan untuk kesempurnaan kerja mesin.

Garis Besar Tentang Mobil Diesel atau Mesin Diesel

Mesin diesel menggunakan bahan bakar diesel, mesin diesel membangkitkan tenaga yang tinggi pada kecepatan rendah dan memiliki konstruksi mesin yang solid. Mesin diesel memiliki efisiensi bahan bakar lebih baik dari mesin bensin.
Gambar Mesin Diesel Common Rail
Perbedaan Antara Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Mesin bensin dan mesin diesel memiliki perbedaan pada bahan bakar yang digunakan, selain itu mesin bensin dan mesin diesel menggunakan mekanisme yang berbeda.
1. Ruang Pembakaran Mesin
Bagaimana Sistem Pengapian Pada Mesin diesel atau Mobil Solar, pada mobil solar atau mesin diesel tidak dilengkapi dengan sistem pengapian yang mengandung busi untuk membakar campuran udara bahan bakar. Akan tetapi panas yang ditimbulkan akibat udara yang ditekan diruang mesin selama proses kompresi menyebabkan bahan bakar terbakar dengan sendirinya.
2. Sistem Pemanasan Awal atau Preheating
Untuk memudahkan start mesin, mesin diesel memiliki glow plug atau busi pemanas untuk memanaskan udara hisap. Kerusakan pada glow plug akan menyebabkan mobil diesel susah hidup di pagi hari, silakan lihat ulasannya DISINI.
3. Sistem Bahan Bakar
Mesin diesel memiliki pompa injeksi dan nozzle-nozzle injeksi untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam ruang bakar pada tekanan tinggi. Kini mesin bensin juga dilengkapi pompa injeksi dan injektor untuk menginjeksikan bahan bakar ke dalam mesin, perbedaan nya terletak pada tekanan bahan bakar yang di injeksikan, mesin diesel memiliki tekanan bahan bakar 10 kali lebih tinggi dari mesin bensin.

Video Cara Kerja Mesin Diesel Common Rail

4. Konstruksi Mesin
Dari segi konstruksi mesin, mesin diesel lebih berat dari mesin bensin, hal ini karena tekanan kompresi yang tinggi pada mesin diesel, agar mesin tidak cepat rusak akibat tekanan kompresi yang tinggi, maka diperlukan konstruksi mesin yang kokoh dan tentu saja lebih berat bobotnya.

error: