Penyebab Suara Kipas Blower Ac Avanza Terlalu Besar

Otomotifmobil.com – Mengetahui penyebab suara kipas blower Ac Avanza sangat besar atau blower fan Avanza Xenia yang terdengar bunyi terlalu besar atau berbunyi keras dan tips mengatasi atau memperbaikinya.

Seperti halnya kipas blower ac mobil yang lain, kipas blower a mobil terdiri dari motor listrik dan kipasnya itu sendiri.

Jika suara kipas blower ac di bawah dashboard kiri terdengar keras saat ac dihidupkan, suara berisik akan terdengar keras didalam kabin, tentu saja hal ini sama sekali tidak nyaman, ada bebrapa hal yang bisa dianalisa menjadi sumber penyebabnya.

Penyebab Kipas Blower Bersuara Keras atau Besar
1. Kemungkinan motor listrik sudah pernah diperbaiki, saat perbaiki atau memasang kembali motor blower tidak benar sehingga motor blower tidak duduk tepat di tempatnya.
2. Kemungkinan lain bushing motor blower sudah aus, sehingga as motor blower kocak dan menimbulkan bunyi saat kipas berputar.
3. Kemungkinan ketiga adalah ada kotoran berupa daun atau benda asing yang terjebak di atas kipas blower ac, baik itu berupa kertas, uang kertas atau benda-benda lain yang berada disekitar blower dan terhisap oleh putaran kipas blower.
gambar Blower ac mobil Avanza Xenia lama
Cara mengatasi atau Memperbaiki Kipas Blower AC bunyi keras atau bersuara keras.
1. Untuk point pertama dan kedua diatas, cara mengatasinya dengan mengganti motor blower, sekedar catatan selama ini saya belum ketemu kipas blower ac Avanza yang bunyi meskipun keluaran Avanza dibawah tahun 2005, kipas blower a dirancang untuk pemakaian yang lama jadi jarang rusak.
2. Yang sering ditemui adalah adanya kotoran kertas, uang kertas, atau benda asing terhisap blower dan tidak bisa keluar dari kipas blower, sehingga menimbulkan bunyi keras, untuk mengatasinya, tinggal buka laci di dasboard kiri (lihat Cara Buka Laci Avanza) dibelakang laci dashboad akan ketemu rumah blower,bentuknya seperti terlihat gambar diatas.

Kemudian ambil menggunakan tangan benda asing yang berada didalam kipas blower, catatan matikan terlebih dahulu blower dari saklar blower di panel ac.

Jika ada benda asing di blower akan mudah terlihat(ini untuk Avanza, Xenia atau Terios yang belum ada filter cabinnya), Karena kalau sudah ada filter cabin, benda asing tidak akan terhisap sampai masuk ke kipas blower.

Video cara melepas fan blower Avanza, Xenia, Terios


Cara mengatasi yang lain bisa dengan cara melepas fan blower atau membuka kipas blower, sekaligus untuk membersihkan blower, video diatas adalah bagaimana cara melepas kipas blower Daihatsu terios, yang pada prinsipnya sama saja dengan melepas blower Avanza atau pun Xenia.

error: