Ac Panas Mobil Isuzu Panther Pick Up dan Tidak Bisa Dingin

Otomotifmobil.com – Mas mobil saya ini ac nya panas ndak mau dingin,kenapa ya? Saya sudah bawa ke dua bengkel ac mobil yang berbeda tetapi tetap sama saja, dingin cuma satu hari saja besoknya sudah tidak bisa dingin lagi.

Artikel ini mengulas ac panas pada isuzu panther pick up diesel yang disebabkan oleh viscofan radiator atau kopling kipas radiator rusak.

Setelah dilakukan pemeriksaan kerja sistem ac, condensor ac terasa panas dan pipa ac tekanan tinggi juga terlalu panas dan tentu saja tekanan freon pada pipa ac high pressure juga lebih tinggi dari normal.

Dari sana dengan mudah bisa diketahui bahwa pendinginan kondensor ac tidak baik yang disebabkan oleh hisapan angin kipas radiator kurang. Kipas radiator Isuzu panther pick up diesel menggunakan viscofan dan berputar bersama putaran mesin.
Gambar kipas radiator berputar
Akibat putaran kipas radiator lemah dan hisapan angin kurang (gambar silakan lihat DISINI), angin dari kipas radiator hanya cukup untuk membuang panas radiator untuk pendinginan mesin karena itu tidak terlihat gejala temperatur mesin naik didashboard, apalagi saat kendaraan dibawa melaju kencang. Tetapi angin kipas radiator tidak cukup untuk mendinginkan kondensor ac yang berada di depan radiator, akibatnya ac panas dan tidak bisa dingin.
Kipas Radiator dan clutch fan
Setelah dilakukan penggantian bagian kopling (penghubung) kipas radiator yang rusak (pada gambar diatas adalah bagian logam aluminiumnya), ac mobil normal kembali, ac mobil tetap dingin dirpm rendah saat mesin idle diam ditempat.

Harga kopling kipas radiator Isuzu Panther bervariasi tergantung kualitas, harga berkisar antara 250 ribu sampai 850 ribuan.

Penggantian Kipas radiator bisa dilakukan sendiri dengan kunci 10 kombinasi dan 10 T, kunci 10 kombinasi atau 10 ring untuk buka 4 mur yang mengkikat clutch fan ke puli dan 10 T untuk bukan fan blade (kipas) dari clutch fan atau kopling nya. Tidak perlu bongkar bagian lain selain kipas radiator tersebut, karena terdapat ruang yang cukup lebar untuk mengeluarkan kipas radiator tersebut.

Semoga bermanfaat.

error: