Air Radiator Honda CRV Meluber dan Temperatur Mesin Naik

Otomotifmobil.com – Apa penyebab air radiator mobil saya meluber Mas? dan kadang-kadang kalau hidup ac atau perjalanan agak lama temperatur mesinnya naik?

Honda crv matic, temperatur mesin naik dan air sering tumpah dari reservoir radiator. Sudah menjadi kebiasaan kita, kalau mobil bermasalah baru kita bawa ke bengkel untuk perbaikan, yang sebenarnya hal tersebut bisa diantisipasi saat kita melakukan service perawatan.

Seperti contoh masalah Honda crv diatas, penyebabnya adalah kipas radiator mati atau fan radiator tidak berputar salah satu, honda crv matic menggunakan dua fan atau dua kipas di balik radiator yang terpasang berdampingan, kipas untuk radiator itu sendiri dan extra fan.
fan radiator dan extra fan honda crvAkibat salah satu kipas radiator mati, temperatur mesin naik, air radiator didalam mesin mendidih dan tekanan air radiator naik dan selanjutnya air meluber lewat tabung air radiator, tekanan air yang terlalu tinggi jika kondisi slang radiator sudah mulai rapuh bisa menyebabkan kebocoran air pada sistem pendingin mesin.

Carbon brush habis kias radiator honda crvPerbaikan yang bisa dilakukan adalah mengganti motor cooling fan atau memperbaiki motor fan, dengan melihat bagian mana pada motor fan yang mengalami kerusakan, tetapi sebelum melakukan perbaikan kipas radiator perlu untuk memastikan bahwa yang mengalami kerusakan memang kipas radiator nya.

Cara memastikan kipas radiator pada Honda crv yang rusak cukup mudah, dengan melepas relay fan radiator kemudian menjumper kontak relay, pastikan ada setrum stanby 12volt pada salah satu kontak relay meskipun kunci kontak kondisi OFF, jika saat dijumper fan radiator tidak hidup, bisa dipastikan kipas radiator nya yang mengalami kerusakan dan harus diganti atau diperbaiki.
Posisi relay kipas radiator honda crv

Perlu diketahui pula akibat kipas radiator mati ini, juga menyebabkan ac tidak dingin meskipun extra fan tetap berputar saat ac hidup.

Untuk tambahan, berapa derajat temperatur kerja mesin? Temperatur kerja mesin pada honda CRV berada di antara 97 derajat fan radiator hidup dan 91 derajat fan radiator mati, sedang kan saat ac hidup temperatur kerja mesin berada di antara 83 dan 84 derajat celsius, ini diukur saat mesin hidup kondisi mobil diam atau idle.

Semoga bermanfaat.

error: